Teropong Bisnis | Homepage
Pasar Ekuitas Semakin Menggiurkan

Pasar Ekuitas Semakin Menggiurkan

0 Comments 🕔09.Mar 2014

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ekonomi suatu negara. Salah satunya adalah tingkat investasi di pasar modal negara tersebut. Bila banyak investor berminat untuk berinvestasi di pasar modal negara tersebut, hal ini dapat mendukung perbaikan kondisi perekonomian negara tersebut.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami dampak tersebut. Setelah tahun lalu Indonesia mengalami masa kelam, kini perlahan tapi pasti, Indonesia mulai bangkit. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase jumlah investor yang tertarik pada investasi pasar ekuitas.

Menurut Analisis Schroders Global Investment Trends Report 2014, tercatat jumlah investor yang memilih pasar ekuitas sebagai tempat menanamkan modal mereka sebanyak 70 persen. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Indonesia, untuk menarik banyak investor, untuk menanamkan modal mereka di pasar ekuitas Indonesia. Selain itu, kondisi Indonesia yang semakin membaik juga menjadi salah satu faktor penarik para investor ini.

Untuk Indonesia sendiri, 48 persen investor dari Indonesia memilih pasar ekuitas sebagai investasi utama mereka di tahun 2014. Meskipun 43 persen diantaranya adalah pemain lama, tetapi hal ini adalah kondisi yang cukup baik. Artinya, semakin banyak pemilik modal yang sadar akan pentingnya investasi di pasar modal.

ekonomi, ekuitas, artikel ekonomi, saham

Banyak analis yang memprediksi bahwa tahun ini merupakan tahun perlambatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tetapi, meningkatnya jumlah investor untuk berinvestasi di pasar ekuitas adalah tanda yang bagus. Kondisi ini menggambarkan adanya outlook ekonomi yang positif untuk jangka panjang.

Peningkatan ini juga tidak terpengaruh oleh kondisi pasar modal Indonesia tahun lalu. Banyak investor yang masih percaya, meskipun pasar modal Indonesia tidak stabil.

Banyak aset-aset penting di Indonesia yang menjadi tujuan investasi para investor ini. Tercatat, ada 46 persen investor Indonesia, memilih ekuitas, obligasi, properti, dana pension dan komoditas sebagai instrumen investasi mereka.

Akan tetapi, 26 persen diantara para investor ini memilih untuk menyimpan uang mereka dalam bentuk deposito di bank.  Sebenarnya, investasi dengan deposita bukan pilihan baik. Uang tidak akan dapat berkembang lebih besar bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Menurut CEO Schroders Indonesia Michael Tjoajadi, perkembangan investasi di pasar ekuitas ini bukannya tanpa tantangan. Salah satunya adalah tidak seimbangnya peningkatan ini dengan pertumbuhan GDP global. Dan juga, peningkatan ini lebih rendah dari masa pemulihan dari resesi sebelumnya.

Meningkatnya investasi di pasar ekuitas ini juga dipengaruhi oleh keyakinan para investor Indonesia. Mereka berkeyakinan, bahwa pasar Asia masih menjanjikan. Hal ini tampak dari 83 persen dari mereka yang memilih Asia sebagai tempat investasi. Sedangkan 63 persen diantaranya, memilih Asia Pasifik sebagai tempat menanamkan modal mereka.

Kondisi ini menjadi sinyal bagus pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah krisis tahun lalu. Dengan semakin banyaknya investasi, maka akan memperkuat pasar ekuitas dan stabilitas ekonomi Indonesia.

ekonomi, ekuitas, artikel ekonomi, saham

BACA JUGA:

Sangat Menyejukkan, Melihat Nilai Tukar Rupiah Saat Ini

Harga Perdana Reksa Dana SMinfra18 yang Menggembirakan

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *