Teropong Bisnis | Homepage
Pakar Skeptis IHSG Akan Mendapatkan Peningkatan

Pakar Skeptis IHSG Akan Mendapatkan Peningkatan

0 Comments 🕔23.Aug 2013

IHSG Tetap Turun Setelah Rebound

Pada awal perdagangan pada hari ini, Kamis 22 Agustus 2013, Indeks Harga Saham Gabungan atau lebih dikenal dengan sebutan IHSG sempat mengalami rebound pada sesi-sesi pertama, sebelum akhirnya kembali melemah dan meninggalkan level 4.200. Keterpurukan IHSG ini dirasakan sejak awal minggu ini. Ada kemungkinan besar bahwa hal ini disebabkan oleh tekanan dan seretan dari sentiment negative global, ditambah dengan memburuknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

Apabila dirata-rata, selama sepekan ini IHSG sudah turun sebesar 4.47%. Lalu sampai kapan keterpurukan IHSG ini akan terus berlangsung? Apakah akan ada kemungkinan untuk rebound kembali, atau lebih buruk lagi, apakah akan terus terperosok sampai ke dalam? Apakah akan ada potensi pergerakan IHSG ke arah yang lebih positif, atau paling tidak, lebih stabil?

Arief Fahruri, yang mana seorang analis Mega Capital Indonesia, agak sedikit skeptis bagi IHSG untuk mendapatkan kenaikan yang tajam. Paling tidak, sepertinya tidak mungkin dalam waktu dekat ini. Kemungkinan besar memang hal ini dikarenakan oleh banyaknya sentimen yang cukup negative tentang kondisi perekonomian baik dalam, maupun baik dari luar negeri.

Pakar Skeptis IHSG Akan Mendapatkan Peningkatan 2

Indonesia Dalam Posisi Down Trend

Ia mengatakan bahwa secara teknis, memang Indonesia sedang berada dalam posisi down trend dan tidak mungkin akan ada kemungkinan bisa cepat kembali lagi atau menguat dalam waktu dekat ini. Titik krusial IHSG sendiri ada pada level 4.000. Apabila titik tersebut akhirnya tersentuh, entah dua atau tiga hari mendatang, maka potensi penurunan yang drastic kemungkinan akan terbuka.

Walaupun demikian, apabila ada kemungkinan terjadi rebound, dan memang terjadi, maka kemungkinan terbesar adalah indeks akan bergerak cenderung ke arah konsolidasi terlebih dahulu. Sebelum akhirnya benar-benar bisa menguat.

Menurutnya, para investor kemungkinan besar sedang menanti berbagai macam kebijakan-kebijakan yang dalam beberapa saat ini akan dikeluarkan oleh pemerintah. Yang mana merupakan suatu bentuk penyikapan kondisi dari perekonomian Indonesia sendiri, pada saat ini. Seperti yang diketahui oleh kebanyakan orang pada beberapa waktu lalu, bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono baru akan mengumumkan pengumuman mengenai paket kebijakan ekonoi besok pagi, pada hari Jumat 23 Agustus 2013.

 Pengumuman paket kebijakan ekonomi tersebut akan mencakup stimulus fiskal dan juga stimulus moneter dengan tujuan agar pengamanan perekonomian Tanah Air dari kemungkinan adanya ancaman krisis bisa tercapai. Selain dari pengumuman presiden, hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para investor adalah kepastian pengurangan stimulus yang akan dilakukan oleh The Federal Reserve.

Apabila kedua hal yang paling dinanti-nanti oleh para investor tersebut sudah dilaksanakan, maka akan lebih mudah bagi para analis untuk bisa menebak ke arah mana harga saham bisa berada dalam beberapa hari mendatang. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Pakar Skeptis IHSG Akan Mendapatkan Peningkatan-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *