Teropong Bisnis | Homepage
Nasib Nasabah setelah Pailitnya GBI

Nasib Nasabah setelah Pailitnya GBI

0 Comments 🕔09.May 2014

Bagi Anda yang sedang berencana menginvestasikan dana pada emas, simak terlebih dahulu informasi berikut ini. Perlu Anda ketahui bahwa ada kabar tidak mengenakkan datang dari Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Kabar tidak sedap ini berhubungan dengan masalah pailit di investasi emas. PT Gold Bullion Indonesia atau GBI dinyatakan pailit oleh pihak Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Secara detail, pengadilan membatalkan kesepakatan pembayaran utang antara GBI dan nasabah.

Hal ini sudah ditetapkan sejak bulan April 2014 yang lalu. Kabar ini jelas membuat nasabah yang tergabung dalam GBI kelimpungan. Hal ini layak menjadi perhatian khususnya bagi Anda yang juga termasuk dalam daftar nasabah.

Salah satu yang membuat nasabah kelimpungan adalah kepastian pengembalian dana investasi yang sudah ditanamkan di perusahaan tersebut. Yang paling dikhawatirkan adalah dana yang sudah terlajur dimasukkan tidak akan bisa ditarik kembali mengingat situasi yang sangat buruk ini.

Di sisi lain, pihak PT Gold Bullion Indonesia atau GBI juga tidak kalah kelimpungan. Pasalnya, pihaknya harus mengembalikan dana nasabah dengan nilai yang fantastis mencapai angka Rp. 12 trliun.

aritkel ekonomi, manageman keuangan, pailitnya gbi, gbi, harga emas

Hal ini diperparah dengan keadaan GBI yang ternyata tidak meninggalkan aset apapun. Kabar ini bukanlah isu belaka karena informasi ini dilangsir oleh Forum Perjuangan Nasabah atau FPN GBI. Selaku ketua FPN GBI, Taufiq Kurniawan mengatakan bahwa ada pihak yang sengaja memailitkan GBI.

Dirinya menambahkan bahwa ada skenario besar dibalik pailitnya GBI. Dengan pailitnya GBI maka pihak FPN akan kesulitan untuk meneruskan kasus ini. Tentu saja, Anda yang mungkin termasuk nasabah tidak akan bisa memidanakan para pemilik dan petinggi GBI.

Dalam kasus ini, sebenarnya pihak FPN bisa menuntut petinggi dan pemilik GBI dengan tindak pidana penipuan dan pencucian uang. Tidak heran jika dengan hasil informasi pailitnya GBI, nasabah menjadi pesimis bahwa dana nasabah akan kembali 100%.

Di sisi lain, justru pihak Gold Stock Manager GBI, Adi Priantomo tidak mengetahui keputusan pailit yang dibuat oleh pihak pengadilan. Adi mengungkapkan bahwa pihak GBI tidak pernah sekalipun menerima panggilan siding.

Pihak GBI juga mengaku tidak tinggal diam terkait dengan masalah yang sedang mereka hadapi. Upaya perdamaian dengan pihak nasabah masih terus dilakukan untuk mencapai kesepakatan terbaik.

Mengetahui keputusan ini tentu saja pihak GBI mengaku belum melakukan langkah apa-apa. Pihaknya akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan kuasa hukum terkait dengan keputusan pailitnya GBI.

Lebih lanjut lagi, nasabah GBI sudah melakukan gugatan kedua. Saat itu, gugatan sudah disetujui oleh Iim Nurohim. Gugatan sendiri akhirnya dibatalkan karena pihak GBI bersedia mengembalikan dana yang sudah disetorkan oleh pihak nasabah.

Tentu saja, Anda harus terus memantau kabar pailitnya GBI ini khususnya jika Anda memang salah satu nasabahnya karena terkait dengan dana yang sudah Anda tanamkan.

aritkel ekonomi, manageman keuangan, pailitnya gbi, gbi, harga emas

BACA JUGA:

Harapan Setinggi Langit, Melihat Sentimen Positif Pemilu Kali Ini

Utang Dolar Korporasi Berpotensi Turunkan Nilai Mata Uang Rupiah

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *