Teropong Bisnis | Homepage
Marubeni Kena Denda oleh AS Karena Kasus Suap yang Libatkan Pejabat Indonesia

Marubeni Kena Denda oleh AS Karena Kasus Suap yang Libatkan Pejabat Indonesia

0 Comments 🕔21.Mar 2014

Marubeni, perusahaan Jepang di Indonesia, divonis bersalah karena terbukti melakukan suap terhadap pejabat Indonesia agar proyek pembangkit listriknya di Negara Indonesia lancar. Sebagai sanksinya, Marubeni dikenai denda oleh AS sebesar 88 juta dollar Amerika Serikat. Berita ini bersumber dari Channel New Asia. Departemen Kehakiman AS menjelaskan bahwa  Marubeni dan Konsorsium Alstom dinyatakan bersalah karena kedua pihak ini telah menyuap anggota DPR Indonesia dan salah satu petinggi PLN (Perusahaan Listrik Negara). Marubeni menyuap anggota DPR dan petinggi PLN guna  mengamankan proyek pembangkit listrik yang nilainya mencapai 118 juta dollar Amerika Serikat.  Perusahaan asal Jepang ini memang saat ini telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk mendirikan proyek pembangkit listrik yang disebut proyek Tarahan.

Berapa besar nilai suap yang diberikan pada anggota DPR dan petinggi PLN? Menurut sebuah sumber, Marubeni telah menggelontorkan ‘uang panas’ kepada anggota DPR dengan nilai nominal ratusan ribu dollar Amerika Serikat. Uang suap tidak langsung diberikan pada pejabat tinggi negara Indonesia dan petinggi PLN, melainkan pembayaran  ditujukan ke konsultan untuk kemudian diberikan kepada pejabat tinggi Indonesia dan petinggi PLN.  Uang suap ratusan ribu dollar AS kabarnya ditransferkan terlebih dahulu ke Maryland  dan baru dipindah atau ditransferkan lagi ke Indonesia. Pihak terdakwa kasus suap ini, Marubeni Corporation, mengaku bersalah akan dakwaan yang telah dijatuhkan oleh Departemen Kehakiman AS. Dakwaan bersalah yang ditujukan ke pihak perusahaan Marubeni ini dijatuhkan oleh pihak Departemen Kehakiman AS di Pengadilan Federal Connecticut.

artikel ekonomi, nilai tukar rupiaj, marubeni, denda, kasus suap

Valeri Parlave selaku petinggi FBI menjelaskan bahwa seluruh perusahaan dari negara manapun yang ingin menjalankan bisnisnya di AS harus mematuhi segala peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah AS. Ia juga menyinggung kasus penyuapan ini dengan mengatakan bahwa bentuk penyuapan apapun tetap tidak dapat diterima di AS. Mythili Raman, seorang asisten Jaksa Agung dari Departemen Kehakiman Agung AS, mengatakan bahwa pihak Perusahaan Marubeni siap membayar denda sebagai konsekuensi atas kasus siap yang menimpa pihaknya. Namun sayang, pihak AS maupun Indonesia hingga sekarang belum memberitahukan siapa pejabat atau anggota DPR Indonesia yang terlibat kasus suap ini. Demikian juga dengan petinggi PLN yang diduga menerima suap dari perusahaan Marubeni.

Tentu saja terkuaknya kasus suap ini menambah deret kasus suap yang menimpa sejumlah pejabat tinggi Indonesia. Saat ini pejabat tinggi negara di Indonesia terbukti terlibat kasus penyuapan. Sebagian besar kasus penyuapan yang melibatkan pejabat-pejabat tinggi negara Indonesia memposisikan pejabat-pejabat tinggi Indonesia sebagai pihak yang disuap atau mendapat aliran dana panas dari pihak penyuap. Dan pihak penyuap sebagian besar adalah perusahaan-perusahaan yang ingin memenangkan tender proyek tertentu atau kemenangan di panggung/ arena politik.

artikel ekonomi, nilai tukar rupiaj, marubeni, denda, kasus suap

BACA JUGA:

AS Menyarankan, Jauhi Saham Rusia!

Kombinasi Masalah Menjatuhkan Dollar AS

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *