Teropong Bisnis | Homepage
Langkah Besar Pemerintah Lambungkan Produksi Migas

Langkah Besar Pemerintah Lambungkan Produksi Migas

0 Comments 🕔16.Jul 2014

Kebutuhan akan minyak dan gas saat ini terus meningkat. Hal ini tidak hanya karena masyarakat yang semakin mampu membelinya. Tetapi, perkembangan dunia industri yang cukup pesat membuat permintaan Migas terus meningkat. Hal ini tentunya sangat baik, karena perkembangan dunia industri menunjukkan sinyal perbaikan pada kondisi perekonomian Indonesia.

Untuk memenuhi permintaan ini, Pemerintah saat ini tengah berusaha meningkatkan produksi Migas tanah air. Bekerjasama dengan SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), Pemerintah melakukan beberapa upaya untuk kebutuham Migas ini.

Salah satu cara yang dilakukan adalah meningkatkan produksi cadangan minyak. Hal ini diterapkan pada semua lokasi produksi Migas, baik itu yang sudah beroperasi cukup lama ataupun yang baru dibuka. Cara yang digunakan adalah peningkatan manajemen cadangan.

Selain pengoptimalan cadangan Migas, Pemerintah juga berusaha meningkatkan produktivitas lokasi Migas yang lama. Dan, pembukaan dan pengembangan lokais baru juga ditingkatkan.

I Gusti Suarnaya Sideman, Kasubdit Penerimaan Negara Ditjen Migas mengungkapkan fasilitas produksi dan sarana pendukung juga perlu ditingkatkan. Hal ini akan mengangkat efisiensi produksi Migas, serta mengurangi frekuensi Unplanned Shutdown. Cara ini dapat menurunkan tingkat kehilangan Migas akibat proses produksi yang tidak berhasil.

Pemerintah juga melaksanakan langkah Enhanced Oil Recovery (EOR). Langkah ini dilakukan untuk mendapatkan cadangan Migas yang lebih banyak dengan peningkatan eksplorasi lokasi-lokasi baru untuk penambangan Migas.

Pemerintah juga berusaha meningkatkan kerjasama antar lembaga agar operasi hulu migas dapat berjalan dengan baik. Bila operasi ini berhasil, maka proses perizinan untuk penggunaan lahan sebagai lokasi produksi Migas dapat dipercepat. Hal ini juga diatur dalam Inpress Nomor 2 tahun 2012 mengenai peningkatan produksi minyak nasional.

Sideman memandang perlunya kerjasama dan koordinasi yang baik antar lembaga di Indonesia. Bila hal ini dapat dilakukan, maka kualitas hasil dari produksi Migas akan meningkat. Rasa percaya antara lembaga juga akan naik dan akan meningkatkan efektivitas kerja lembaga-lembaga yang terkait dengan kebutuhan Migas ini.

Sideman mengungkapan, selamin banyak kendala yang dihadapi untuk memenuhi target lifting Migas. Kendala tersebut berupa kendala teknis, seperti proses produksi dan operasi yang lambat, maupun kendala non teknis. Kendala non teksi biasanya datang dari faktor eksternal, seperti kasus produksi minyak Medco yang diblokir warga.

Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi, namun ada hasil yang cukup baik pada kuartal II tahun ini. Yang pertama adalah berhasilnya negoisasi ulang untuk harga jual LNG Tangguh ke China. Setelah adanya negoisasi ulang ini, harga jual LNG Tangguh meningkat tajam. Hal ini meberikan pemasukan lebih untuk negara.

Selain itu, izin lingkungan Tangguh Train III juga disetujui. Hal ini akan menambah daya produksi Migas Indonesia. Bila rencana Pemerintah diatas berhasil, dan produksi Migas meningkat, maka hal tersebut akan membawa dampak baik bagi Indonesia.

produksi migas, ekonomi, artikel ekonomi, migas

BACA JUGA:

Proyek Jembatan Selat Sunda Menjadi Tanggung Jawab Presiden Baru

Hasil Resmi Pemilu Presiden Dan Peringkat Perekonomian Indonesia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *