Teropong Bisnis | Homepage
Kucuran Dana dari IMF untuk Pemerintah Ukraina

Kucuran Dana dari IMF untuk Pemerintah Ukraina

0 Comments 🕔01.Apr 2014

Kabar baik diterima oleh pemerintah Ukraina. Kabar gembira berhubungan dengan dana bantuan yang diberikan oleh pihak IMF atau International Monetery Fund. Dalam hal ini, IMF menilai bahwa situasi ekonomi dan reformasi di Ukraina suda kondusif.

Untuk itu, pihak pemberi dana moneter tersebut sepakat untuk mengucurkan bantuan. Bantuan yang dikucurkan juga tidak tanggung-tanggung. Rencananya, pemerintah Ukraina akan mendapatkan kucuran dana mencapai 14.18 miliar USD. Pernyataan ini diamini oleh Nikolay Gueorguiev selaku kepala IMF untuk pemerintah Ukraina.

Pihaknya sudah mencapai kata sepakat dengan otoritas Ukraina khusus untuk program reformasi ekonomi. Program ini sendiri didukung juga oleh Stand-By Arrangement atau SBA. Selain mendapatkan kucuran dana dari IMF, pemerintah Ukraina juga akan mendapatkan dana dari komunitas internasional. Dukungan tersebut mencapai USD27 miliar untuk jangka waktu 2 tahun ke depan.

Jumlah tepat bantuan tersebut akan ditentukan setelah semua kucuran dana bilateral dan multilateral selesai dicatat. Dengan adanya gejolak ekonomi dan politik di Rusia selama beberapa bulan terakhir, Ukraina berhasil membuktikan bahwa negara ini mampu bertahan dan stabil. Salah satu tantangan terbesar pihak Ukraina adalah karena salah satu wilayahnya yaitu Crimera yang justru memilih untuk bergabung dengan Rusia.

ekonomi, dana, imf, ukraina, pemerintah

Akhirnya, untuk melindungi cadangan devisa dan over valuation, Bank Nasional Ukraina NBU sudah membuat nilai tukar melemah di bulan Februari lalu. Pelemahan ini sendiri sebenarnya dilakukan pada bulan Februari dan Maret.

Tindakan ini diambil untuk membantu menstabilkan pasar keuangan dan memastikan bahwa Anggaran kritis telah dipenuhi. Perlu diingat juga bahwa prospek ekonomi tetap masih dalam keadaan yang sulit. Dalam hal ini, ekonomi kembali jatuh dalam keadaan resesi. Akses pasar sangat terbatas dengan hutang luar negeri yang besar.

Sebagai informasi, Crimera sendiri merupakan pusat hubungan gas khususnya antara Rusia dan Eropa. Crimera memilih bergabung dengan Rusia karena adanya agresi yang dilakukan oleh Rusia sendiri.

Ketidak seimbangan khususnya dalam hal makro ekomonilah yang membuat Ukraina akan berada di jalur yang tidak berkelanjutan. Hal ini disampaikan oleh Nikolay terkait dengan kucuran dana yang akan diberikan oleh IMF.

Selain itu, nilai tukar yang dipatok juga terlalu tinggi sehingga membuat defisit transaksi berjalan naik. Kenaikannya juga dinilai terlalu tinggi karena mencapai 9% dari PDB. Lebih jauh lagi, terjadi kurangnya daya saing sehingga terjadi stagnansi khususnya stagnansi untuk ekspor dan PDB. Dengan keputusan IMF yang akan memberikan kucuran dana maka pihak pemerintah Ukraina harus berbahagia dan bangga.

Setidaknya, mereka punya harapan baru untuk Ukraina yang lebih maju dengan kucuran dana yang didapatkan nanti. Belum ada informasi jelas mengenai kapan IMF akan memberikan kucuran dana tersebut kepada pihak Ukraina.

 ekonomi, dana, imf, ukraina, pemerintah
BACA JUGA:

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *