Teropong Bisnis | Homepage
Kuartal Pertama Berakhir, Pasar Saham AS Bergejolak

Kuartal Pertama Berakhir, Pasar Saham AS Bergejolak

0 Comments 🕔27.Apr 2014

Awal tahun ini ada kejadian tidak menggembirakan untuk banyak pasar saham di berbagai negara. Hal ini dikarenakan, kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) dan Wall Street membaik. Hal ini menguatkan nilai Dollar AS, sehingga melemahkan banyak mata uang negara lain, khususnya negara berkembang.

Kondisi diatas terjadi setelah diumumkannya pelaksanaan rencana penarikan stimulus moneter oleh The Fed. Selain itu, pengumuman mengenai data pengangguran di AS yang semakin menurun, juga menjadi salah satu penyebabnya.

Akan tetapi, pekan ini, terjadi kondisi yang sebaliknya. Pasar saham AS terdeteksi melemah. Hal ini terjadi karena adanya aksi jual pelaku pasar pemegang saham konsumen. Dampak aksi ini juga tampak pada pelemahan beberapa saham perusahaan besar AS, seperti Amazon.com dan Ford Motor.

Menurut apa yang dilansir Reuters, saham Amazon mengalami pelemahan paling parah. Hal ini tampak pada indeks S&P 500, dimana saham perusahaan ini mengalami penurunan sebesar 9,9 persen menjadi US$ 303,83.

Ford Motor juga mengalami hal yang sama dengan Amazon. Saham produsen otomotif ini m engalami penurunan sebesar 3,3 persen menjadi US$15,78.

artikel ekonomi, managemen keuangan, pasar saham, as bergejolak, bisnis

Penyebab turunnya nilai saham dua perusahaan besar ini serupa, yaitu laporan keuangan untuk kuartal pertama tahun ini yang menurun. Amazon memang mengalami kenaikan pendapatan, akan tetapi, pengeluaran mereka juga meningkat tajam. Untuk Ford Motor, menurunnya laba mereka disebabkan oleh biaya garansi yang sangat tinggi.

Pelemahan pada pasar saham AS juga tampak dari pergerakan indeks S&P 500. Indeks S&P 500 terlihat datar saat penutupan perdagangan seminggu setelah menurunnya nilai saham Amazon dan Ford. Hal ini diakibatkan karena penurunan nilai saham kedua perusahaan ini.

Penurunan ini membuat indeks S&P terbebani, khususnya pada saham diskresioner SPLRCD. Penurunan pada indeks S&P ini terdeteksi sebesar 1,7 persen. Hal ini menjadikan sektor ini sebagai sektor dengan kinerja terburuk.

Selain itu, masalah yang terjadi di Ukraina juga menjadi perhatian pelaku pasar. Para pelaku pasar menantikan keputusan yang akan diambil antara AS dan sekutu Eropa-nya pada akhir pekan ini. Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama dan sekutu dari Eropa memutuskan bahwa Rusia tidak dapat memenuhi perjanjian yang sudah disepakati. Hal ini diprediksi akan memakan biaya lagi sebagai respon atas kegagalan Rusia dan penyelesaian masalah ini.

Selain Amazon dan Ford Motor, beberapa saham perusahaan lain juga mengalami penurunan. Salah satunya adalah saham Twitter yang turun 7,1 persen menjadi US$41,61. Akan tetapi, Microsoft Corp (MSFT) mencatatkan hasil yang baik. Pendapatan mereka meningkat, lebih tinggi dari perkiraan analis dan nilai saham Microsoft juga naik, sebesar 0,1 persen menjadi US$39,91.

Penurunan pada pasar saham AS ini juga ditunjukkan oleh beberapa pasar komoditi. Seperti, Indeks Dow Jones, yang turun 140,19 poin atau 0,85 persen, menjadi 16,361.46. Indeks S&P 500 turun 15,21 poin atau 0,81 persen menjadi 1,863.40 dan Nasdaq Composite turun 72,777 poin atau 1,75 persen ke 4,075.561.

artikel ekonomi, managemen keuangan, pasar saham, as bergejolak, bisnis

BACA JUGA:

Harga Sayuran dan Bahan Pokok Setelah Pemilu Legislatif 2014

Kondisi Indeks Harga Saham Gabungan Pekan Ini Menurut Analis

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *