Teropong Bisnis | Homepage
KTT APEC 2013 tanpa Barack Obama

KTT APEC 2013 tanpa Barack Obama

0 Comments 🕔06.Oct 2013

KTT APEC 2013 di Bali seharusnya menjadi salah satu event yang dihadiri oleh banyak negara untuk membahas tentang ekonomi global. Dan, tentunya, Amerika Serikat sebagai salah satu negara paling maju didunia turut serta dalam event ekonomi besar tahunan ini. Seperti negara lain, Amerika Serikat seharusnya diwakili oleh orang nomor satu negara adidaya ini, yaitu Presiden Barack Obama. Tapi, ternyata KTT APEC tahun ini, Barack Obama tidak bisa hadir.

Pemerintah Amerika Serikat telah mengonfirmasi ketidakhadiran Presiden negara maju ini dalam KTT APEC tahun ini. Presiden Amerika Serikat, Presiden Barack Obama menyampaikan hal ini langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), selaku Presiden negara tuan rumah APEC kali ini, terkait masalah ini melalui sambungan telepon.

Presiden Susilo Bambang menerima telepon dari Presiden Barack Obama pada pukul 08.15 WIB pada hari Jumat yang lalu. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah saat diadakan jumpa pers di Jakarta, pada hari Jumat 4 Oktober 2013.

Menurut Faizasyah, dalam pembicaraan telepon pada Jumat pagi tersebut, Presiden Barack Obama menyesal tidak bisa menghadiri KTT APEC yang dilaksanakan di Bali tahun ini. Salah satu alasan utama mengapa Barack Obama tidak bisa hadir adalah adanya masalah yang saat ini terjadi di Amerika Serikat.

Masalah yang membuat Presiden Barack Obama tidak bisa hadir ini adalah masih berlangsungnya pembahasan mengenai anggaran nasional Amerika Serikat. Dan, hal ini semakin memburuk, karena kedua kubu, Republik dan Demokrat, belum mau menyerah. Serta, ditutupnya layanan beberapa instalasi pemerintah yang bisa dikatakan menghentikan laju roda perekonomian Amerika Serikat yang juga akan berdampak secara global.

Memang, ketidakhadiran Presiden negara adikuasa ini disesali oleh banyak pihak, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri. Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian dunia. Bisa dikatakan apa yang terjadi disana akan mempengaruhi perekonomian negara lainnya.

Tapi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyadari dan memaklumi atas ketidakhadiran Presiden Barack Obama ini. Masalah yang terjadi di Amerika Serikat sekarang ini bisa dikatakan sebagai masalah yang sangat serius. Bila masalah ini berlarut-larut, maka, bisa dikatakan Amerika Serikat akan menghadapi masalah yang lebih besar nantinya.

Dan memang, seperti yang disampaikan oleh Faizasyah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selalu memantau perkembangan dari masalah yang sedang dihadapi oleh Amerika Serikat ini. Dan, kehadiran seorang pemimpin memang diperlukan di negara tersebut.

Tapi, Amerika Serikat beritikad baik dengan event ekonomi besar yang diadakan di Indonesia ini. Sebagai pengganti dirinya, Barack Obama telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry untuk menggantikan dirinya menghadiri KTT ini.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *