Teropong Bisnis | Homepage
KRAS Limbung Gara-Gara Rupiah

KRAS Limbung Gara-Gara Rupiah

0 Comments 🕔21.Dec 2013

Nilai tukar Rupiah belum sepenuhnya membaik, usai sempat menyentuh angka terendah di level R. 12.000 per dollar AS, beberapa waktu yang lalu. Dan, dampaknya terlihat di berbagai aspek. Banyak juga perusahaan yang secara langsung terkena dampak melemahnya Rupiah ini. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk adalah salah satunya.

Perusahaan dengan kode emiten KRAS ini menyampaikan tentang harga jual baja dari perusahaan ini. Mereka mengatakan bahwa pada 2014, tidak akan ada perubahan atau peningkatan harga jual baja. Atau, dapat dikatakan sama seperi tahun 2013, yaitu berada pada kisaran harga USD700-750.

Menurut perusahaan ini, salah satu penyebab hal ini adalah belum stabilnya nilai tukar Rupiah. Menurut Direktur Utama Krakatau Steel Irvan Kamal Hakim, nilai tukar ini sangat mempengaruhi produksi baja dari perusahaan ini. Hal ini dikarenakan bahan baku yang digunakan untuk memproduksi baja dibeli dengan dolar.

Menurut Irvan, meskipun pihaknya juga menjual produknya dalam dolar, akan tetapi, juga dikonversi menjadi Rupiah. Hal ini membuat pihaknya berada di situasi tak menentu karena harga produknya akan melambung. Artinya, pembelian akan menurun karena harga jual yang tinggi.

Irvan mengatakan, kredit line penjualan baja dari KRAS juga tidak dapat diserap secara sempurna. Hal ini juga diakibatkan ketidak stabilan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS.

krakatau steel

Memang, dampak nilai tukar Rupiah ini sangatlah besar terhadap perusahaan ini. Hal ini dikarenakan, perusahaan ini bergerak di bidang industri yang memproduksi produk yang dibutuhkan oleh dunia. Jadi, pasar mereka juga sebagian besar adalah dunia internasional.

Oleh karena itu, 70 persen dari penjualan baja KRAS menggunakan dolar. Jadi, kestabilan Rupiah dapat mengganggu proses ini. Melemahnya Rupiah jelas mengganggu penyerapan penjualan yang menjadi tidak seimbang. Tentunya, perusahaan ini akan lebih memilih menjual dalam dolar karena lebih menguntungkan, bila dihitung dari pembelian bahan yang juga dengan dolar.

Meskipun demikian, perusahaan Krakatau Steel terus berupaya mengembangkan usahanya, ditengah keterpurukan nilai tukar Rupiah yang berdampak pada perusahaan ini. Salah satunya adalah penandatanganan kerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dengan perusahaan ini, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk membentuk perusahaan patungan (Joint Venture Company) dengan nama PT Krakatau Semen Indonesia.

PT Krakatau Semen Indonesia nantinya akan bergerak dalam bidang pengolahan Ganulated Blast Furnace Slag (GBFS). Produk yang dihasilkan adalah Ground Granulated Blast Furnace Slag (GCBFS).

Dwi Soetjipto, Direktur Utama PT Semen Indonesia dengan kode emiten SMGR mengatakan bahwa modal yang digunakan dalam perusahaan patungan dengan PT Krakatau Steel ini cukup besar. Untuk total investasi sebesar Rp. 440 miliar dan modal kerja sebesar Rp. 24 miliar.

Adanya kerjasama ini juga diharapkan dapat mengatasi masalah KRAS akibat nilai tukar Rupiah yang terus melemah.

krakatau steel

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *