Teropong Bisnis | Homepage
Kondisi IHSG terkini Sebelum Penentuan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Kondisi IHSG terkini Sebelum Penentuan Calon Presiden dan Wakil Presiden

0 Comments 🕔13.May 2014

Kabar terbaru datang dari Indeks Harga Saham Gabungan. Pada pekan ketiga bulan Mei 2014 ini, IHSG kembali diuji. Pasalnya, jika dilihat dari data, kondisinya tidak menentu. Ditengarahi, kondisi IHSG ini terkait dengan pemilu presiden yang akan dilaksanakan di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa pemilihan umum presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada bulan Juli 2014 mendatang. Lebih lanjut lagi, saham di Wall Street AS sendiri ditutup dalam kondisi menguat pada pekan yang lalu.

Penguatan ini dikarenakan terjadinya kenaikan beberapa saham. Pekan lalu, terjadi penguatan nilai saham khususnya pada saham teknologi dan komoditas. Sebagai contoh, terjadi kenaikan pada Indeks Dow Jones Industrial Average. Nilai kenaikannya mencapai 0.20%.

Kenaikan juga terjadi pada saham milik S&P500. Kenaikan saham perusahaan ini mencapai 0.15%. Selain itu, kondisi IHSG juga terlihat dari menguatnya pergerakan pasar saham di Asia. Faktanya, saham indeks-indeks utama mayoritas memang mengalami penguatan.

Di pasar Asia, terjadi kenaikan pada Nikkei 225 yang berada di Jepang. Kenaikan nilai saham perusahaan ini adalah 0.12%. Selain itu, kenaikan juga terjadi pada KOSPI Composite yang berlokasi di Korea Selatan.

kondisi ihsg, artikel ekonomi, calon presiden, mangement keuangan, info saham

Tingkat kenaikannya bahkan lebih tinggi jika dibandingkan Nikkei 225 yang mencapai 0.22%. Di pihak lain, harga kontrak berjangka komoditas mengalami pergerakan yang fluktuatif. Bagaimana dengan di Indonesia sendiri?

Seperti yang dijelaskan di atas, saham Indonesia masih menanti hasil pengumuman calon presiden dan wakil yang dijagokan oleh partai-partai di Indonesia. Pekan lalu terjadi penguatan setelah pemenang partai pemilu resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Analis Teknikal Mandiri

Sekuritas memberikan penjelasan tambahan bahwa kondisi IHSG justru diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Melihat kondisi ini, diperkirakan bahwa kondisi indeks akan terus menguat. Secara detail nilai resistance penguatannya berada di 4.917.

Begitu pula pada perdagangan hari, diperkirakan bahwa indeks akan terus bergerak pada kisaran 4.843. Nilai resistancenya berada di 4.917 atau 4.933. Karena kondisinya yang tidak menentu, Anda tidak disarankan untuk membeli saham sekehendak hati.

Sebagai alternatif pilihan, Anda bisa membeli saham dari BJBR, UNVR, ASII, WIKA, ataupun GGRM. Kembali lagi, kondisi ini sangat tergantung dari hasil resmi calon presiden dan wakil presiden mendatang. Sebagai perbandingan, IHSG sendiri mengalami peningkatan dan berada di zona hijau pada sesi awal perdagangan.

Sebagai informasi, indeks diawali dengan peningkatan hingga 4.64 poin. Itu artinya posisi nilai sahamnya berada di 4.865,53. Bahkan, indeks terus naik menjadi 13.99 poin atau di angka 0.29%. Angka ini membawa peningkatan nilai menjadi 4.874,55.

Pada awal sesi tersebut tercatat terjadi kenaikan pada 121 saham. Sebaliknya, 34 saham turun sedangkan 60 saham stagnan. Di awal perdagangan tersebut nilai transaksinya mencapai Rp. 413,77 miliar.

kondisi ihsg, artikel ekonomi, calon presiden, mangement keuangan, info saham

BACA JUGA:

Kondisi Ekonomi Indonesia Setelah Keputusan The Fed

Google Ambruk, Facebook Terpuruk, Wall Street Memburuk

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *