Teropong Bisnis | Homepage
Kondisi Harga Emas Global Terkini

Kondisi Harga Emas Global Terkini

0 Comments 🕔28.Nov 2013

Berinvestasi emas memang sangat menjanjikan. Tapi, Anda juga harus memperhatikan informasi terkini terkait dengan harga emas global. Contohnya, saat ini harga emas global rupanya turun secara signifikan yaitu hampir 1%. Level ini membawa harga emas merosot dari level tertinggi mingguannya. Ada beberapa alasan mengapa harga emas dunia mengalami kemerosotan.

Salah satunya adalah karena aktivitas perumahan Amerika Serikat membawa ketakutan bahwa the Federal Reserve akan melakukan pengurangan program stimulus obligasi yang mereka tawarkan. Dengan kondisi seperti ini akhirnya Bullion berada di bawah tekanan. Tekanan ini dapat dilihat dari data yang menunjukkan izin konstruksi rumah masa depan Amerika Serikat.

Dalam data tersebut nampak bahwa izin konstruksi rumah masa depan mencapai tingkat tertinggi 5.5 tahun sampai bulan Oktober yang lalu. Sama halnya dengan indeks harga rumah. Data tersebut didapatkan pada laporan indeks S&P dan Case Shiller. Laporan tersebut menyatakan bahwa harga rumah di 20 daerah metropolitan melonjak hingga 13.3% pada September ini.

Dengan adanya data mengenai izin bangunan yang positif serta angka Case Shiller yang melonjak, ada kemungkinan The Fed akan memangkas stimulusnya. Tentu saja, keputusan The Fed tersebut akan membebani harga emas dunia. Hal ini juga diungkapkan oleh Thomas Capalbo yang bekerja sebagai broker logam di New York Newedge.

Gold bars

Kemrosotan harga emas ini dialami oleh beberaja jenis emas. Contohnya saja emas jenis Spot yang merosot ke angka USD10.97 atau 0.9%. Harganya saat ini hanya mencapai USD1.241.24 per troy ons. Keadaan ini berbeda dengan sebelumnya dimana harga emas jenis ini mampu menembus angka USD1.256.49 di awal perdagangannya.

Kalaupun harga emas tersebut naik maka angka kenaikkannya sangat kecil. Sebagai contohnya adalah emas berjangka AS yang hanya naik 20 sen. Saat ini, harga emas jenis ini mencapai USD1.241.40 per troy ons. Sedangkan untuk volume perdagangan emas global sudah mencapai 282.600 lot. Angka ini sudah hampir 2 kali lipat dari rata-rata 30 hari perdagangan yang sebesar 156.000 lot.

Sebagian besar perdagangan tersebut didapat dari kontrak dengan rollover pada bulan Desember hingga Februari tahun 2014. Selain alasan tersebut di atas, pelemahan harga emas global juga disebabkan karena permintaan emas fisik di Asia tidak bisa menahan tekanan tersebut. Permintaan emas fisik di Asia mengalami kegagalan sehingga harga turun menjadi USD200 per troy ons dalam 2 hari terakhir.

Bahkan, outflow SPDR Gold Trust yang diperdagangkan di bursa terbesar dunia saja sudah kehilangan 3.30 ton. Belum lagi arus keluar dari ETF yang nilainya mencapai 450 ton sepanjang tahun ini. Angka tersebut sangat berperan dalam penurunan harga emas global saat ini. Semoga saja kondisi semakin kondusif sehingga harga emas bisa kembali bangkit.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *