Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Ferdi Hasan, OJK dan Penipuan Investasi

Kisah Ferdi Hasan, OJK dan Penipuan Investasi

0 Comments 🕔17.Apr 2014

Investasi merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi kondisi finansial kita di masa mendatang. Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi ini. Dan ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukannya.

Meminta bantuan perencana keuangan atau financial planner dapat menjadi keputusan terbaik. Mereka mengetahui apa yang terbaik yang dapat kita lakukan dengan dana yang kita punya. Akan tetapi Anda harus lebih detail dalam memilih perencana keuangan. Bila tidak, mungkin Anda akan mengalami kasus penipuan investasi seperti yang dialami presenter dan artis, Ferdi Hasan.

Ferdi Hasan menggunakan jasa dari perusahaan perencana keuangan Quantum Magna (QM). Tetapi karena sesuatu hal dan timbulnya masalah, Ferdi harus kehilangan sekitar Rp. 12 miliar. Merasa dirugikan, Ferdi akhirnya membawa masalah ini ke pihak yang berwajib.

Yang menarik, ada pernyataan yang diungkapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menurut Ferdi tidak pantas diutarakan. Pernyataan yang dimaksud adalah ketika OJK menyatakan kesalahan pada masalah ini terletak pada investor.

Ferdi kecewa dengan OJK karena pihak OJK belum bertemu dengan pihak Ferdi saat mengeluarkan pernyataan tersebut. Oleh karena itu, pihak Ferdi akan meminta penjelasan kepada pihak OJK mengenai hal ini.

Menurut Ferdi, saat ini tidak ada aturan yang baku mengenai masalah yang menimpanya. Dan, yang lebih buruk banyak investasi dengan model seperti Ferdi terjadi yang juga bermasalah. Oleh karena itu, pihak Ferdi meminta kepada OJK agar membuat suatu aturan yang baku agar masalah penipuan investasi ini tidak terjadi lagi.

ferdi hasan, penipuan investasi, investasi, wirausaha, ojk

Selain OJK, Ferdi juga mengaku kecewa dengan pihak QM. Dia mengaku tidak dapat menghubungi pihak QM untuk meminta penjelasan. Proses komunikasi dengan pihak QM terakhir dilakukan pada akhir Februari 2014 yang lalu.

Selain itu, tanggapan pihak QM juga dirasa tidak masuk akal. Mereka menyarankan agar masalah ini diselesaikan dengan cara sistem tanam ulang. Artinya, investor harus berinvestasi lagi dan bila tidak dapat menghasilkan, maka hal tersebut bukan masalah mereka. Hal ini yang mengecewakan pihak Ferdi yang merasa pihak QM tidak mau bertanggung jawab dan ganti rugi.

Dalam masalah ini, pihak OJK sebenarnya tidak mempunyai kewenangan dalam pengawasan perencana keuangan. OJK hanya berwenang dalam proses investasi, bukan hubungan kerjasama antara investor dan perencana keuangan.

Oleh karena itu, dapat dikatakan kerugian yang ditanggung investor adalah tanggung jawab investor itu sendiri. Hal ini dikarenakan tugas perencana keuangan hanya memberi saran tentang investasi.

Hal ini akan berbeda, jika perencana keuangan juga memegang dana investasi milik investor. Bila kondisi ini yang dialami oleh Ferdi Hasan, maka dapat dikatakan masalah yang menimpanya termasuk kasus penipuan investasi. Dan, hal ini dapat dibawa ke ranah hukum.

ferdi hasan, penipuan investasi, investasi, wirausaha, ojk

BACA JUGA:

OJK: Bank Syariah Hadapi Perebutan Dana Nasabah yang Ketat

Rencana Pembangunan 5 Bioskop Baru Setelah Penguatan Saham BLITZ

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *