Teropong Bisnis | Homepage
Jumlah Pengusaha Ditargetkan Naik 0.4 % Tahun Depan

Jumlah Pengusaha Ditargetkan Naik 0.4 % Tahun Depan

0 Comments 🕔11.Sep 2013

Pengusaha kini menjadi banyak pilihan bagi banyak orang. Memang ada beberapa keuntungan ketika menjadi seorang pengusaha. Pengusaha tidak perlu takut kehilangan lapangan pekerjaannya. Mereka juga tak perlu takut akan di PHK karena mereka adalah pemilik dari usaha tersebut.

Namun seorang pengusaha sangat dituntut untuk bisa mengembangkan usahanya, mencari tahu peluang di pasar dan menarik perhatian bagi pelanggannya. Seorang pengusaha haruslah mempunyai modal. Modal yang dimaksudkan disini tentu saja modal uang dan juga modal keahlian. Jumlah pengusaha yang ada saat ini diharapkan bisa naik secara signifikan sehingga akan membantu perekonomian dalam negeri sekarang ini.

Saat ini jumlah pengusaha yang ada adalah 1.6 persen dari sekitar 240 juta penduduk di Indonesia. Pemerintah telah menargetkan akan menaikkan 0.4% jumlah dari pengusaha sehingga tahun depan akan menjadi 2% dari 240 juta penduduk yang ada di Indonesia. Tentu saja untuk mencapai target tersebut, semua hal harus dipikirkan. Pemerintah harus melakukan beberapa upaya untuk menaikkan jumlah pengusaha yang sudah ada saat ini.

Peran Pemerintah untuk Pengusaha

Pengusaha tentu membutuhkan modal dan tentunya diharapkan peran serta dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu semua pengusaha. Pemerintah berusaha untuk bekerja sama dengan berbagai perbankan untuk memberikan bantuan modal. Bantuan modal tersebut tentu saja tidak diberikan pada siapa saja. Pemerintah memfokuskan bantuan tersebut kepada UMKM yang mau berkembang.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah saat ini sedang mencari bank yang benar-benar mau membantu masyarakat dan UMKM untuk mendorong pertumbuhan pengusaha yang ada di Indonesia. Bank manakah yang akan menjadi partner terbaik bagi pemerintah. Ternyata bank yang akhirnya digandeng oleh pemerintah adalah Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Peran PT BRI Tbk

Saat ini BRI dikenal sebagai salah satu bank penyalur kredit untuk UMKM yang paling besar di Indonesia. Dengan label seperti itu, memang pemerintah telah mendapatkan partner terbaiknya. BRI sangat mendukung semua program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah yang salah satunya kegiatan APEC yang akan digelar akhir tahun 2013. BRI memberikan fasilitas Meeting untuk semua delegasi APEC yang datang.

Pada acara tersebut, BRI akan mengadakan demo layanan Microfinance kepada semua delegasi APEC. Setidaknya akan ada lebih dari 220 delegasi dari berbagai Negara yang akan datang dalam acara ini. BRI memang berkomitmen teguh untuk membantu UMKM dan sampai saat ini BRI telah menyalurkan bantuan kredit dengan nilai total Rp 391 triliun. Sebagian besarnya adalah kredit untuk UMKM yang memang sesuai dengan target pemerintah.

Dengan peran serta dari BRI dan juga pemerintah, sangat diharapkan target kenaikan jumlah pengusaha akan tercapai. Pengusaha juga bisa menjadi salah satu pembantu pemerintah dalam mengatasi ekonomi yang semakin memburuk. Semua hal memang bisa dilakukan dan menaikkan jumlah pengusaha adalah salah satu upaya yang wajib untuk didukung oleh semua pihak.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *