Teropong Bisnis | Homepage
Jokowi-JK Muncul, Pasar Modal Indonesia Melejit

Jokowi-JK Muncul, Pasar Modal Indonesia Melejit

0 Comments 🕔20.May 2014

Beberapa saat lalu, pasar modal Indonesia pernah digegerkan dengan adanya efek Jokowi. Saat itu, pasar modal Indonesia mengalami tren positif yang sangat menjanjikan. Hal ini terjadi, setelah Jokowi ditunjuk PDIP sebagai calon Presiden untuk Pemilu 2014.

Kini, efek tersebut tampaknya masih berlanjut. Hal ini tampak setelah PDIP mengumumkan pasangan Capres dan Cawapres yang akan mewakili mereka di Pemilu Presiden mendatang. Nama yang mereka tunjuk adalah Joko Widodo (Jokowi) dan untuk Cawapres, Jusuf Kalla yang dipilih. Banyak pihak memandang bahwa pasangan ini membawa dampak baik bagi pasar modal Indonesia.

Menurut Rudiyanto, Head of Operation and Business Development Panin Asset Management, ada beberapa hal yang terjadi karena penunjukkan ini. Salah satunya adalah pasangan ini adalah pasangan yang para investor harapkan. Dan, penunjukkan ini memberikan kepastian kepada para investor.

Rudiyanto juga mengatakan bahwa pasangan ini cukup bagus untuk perkembangan perekonomian Indonesia. Dan, bila memang mereka dapat membawa dampak baik bagi pasar modal Indonesia, maka hal tersebut tentu sangat menggembirakan.

Seperti yang kita tahu, saat ini Indonesia masih berjuang untuk keluar dari dampak krisis tahun lalu. Bila tren positif pasar modal Indonesia tetap berlanjut, maka perbaikan kondisi perekonomian Indonesia akan berjalan lebih cepat. Artinya, Indonesia akan segera bebas dari masalah ini.

jokowi, jk, ekonomi, saham, managemen keungangan

Efek Jokowi masih sangat kuat bahkan setelah Pemilu Legislatif yang lalu. Para investor pada saat ini mengharapkan agar PDIP dapat menang telak atau meraih suara diatas 20 persen. Dengan demikian, mereka dapat lebih tenang.

Sayangnya, saat itu PDIP tidak dapat menang mutlak, untuk langsung mengajukan calonnya ke Pemilu Presiden mendatang. Hal tersebut membuat kecewa para investor.  Tetapi, kekecewaan ini terobati berkat pengajuan pasangan Jokowi dan JK pada Pemilu Presiden mendatang.

Menurut Rudiyanto, efek dari dunia politik terhadap pasar modal Indonesia jelas ada. Namun, efek ini tidak bersifat permanen. Kenaikan yang diakibatkan oleh efek politik ini juga tidak akan lama. Tetapi, sentimen dari fundamental emiten akan terpengaruh dalam jangka waktu yang lama.

IHSG pada pekan ini dibuka menguat. Penguatan terjadi sebesar 1,07 persen menuju level 5.085. Kondisi ini dapat dikatakan secara langsung dipengaruhi oleh pasangan Jokowi dan JK. Hal ini yang menyebabkan adanya respon positif dari pasar.

Menurut Rudiyanto, kenaikan ini tidak akan hanya terjadi pada pekan ini saja. Dia memperkirakan, kenaikan ini akan berlanjut pada beberapa pekan mendatang hingga Pemilu Presiden nanti. Bila memang, pada Pemilu Presiden nanti yang menang adalah pasangan ini, maka akan ada efek yang lebih besar pada pasar modal Indonesia. Hal tersebut akan sangat baik, untuk perkembangan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia di masa mendatang.

jokowi, jk, ekonomi, saham, managemen keungangan

BACA JUGA:

Dwi Aneka Jaya Catatkan Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia

Asuransi Mikro Segera Hadir untuk Masyarakat Kalangan Menengah ke Bawah

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *