Teropong Bisnis | Homepage
Janet Yellen, Yang Pertama Di The Fed Dalam 100 Tahun

Janet Yellen, Yang Pertama Di The Fed Dalam 100 Tahun

0 Comments 🕔08.Jan 2014

Beberapa bulan yang lalu, Amerika Serikat (AS) sempat mendapatkan masalah ekonomi. Selain memang karena adanya krisis, berhentinya layanan pemerintahan juga menjadi salah satu penyebabnya.

Akan tetapi, salah satu hal yang muncul ke permukaan saat itu adalah isu akan dihentikannya stimulus moneter dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve. Isu ini muncul karena adanya prediksi yang menyatakan peluang kuat terpilihnya Janet Yellen sebagai gubernuk The Fed yang baru.

Memang, Janet Yellen adalah salah satu tokoh yang dibalik keputusan The Fed untuk menghentikan stimulus moneter. Dia juga bertahun-tahun berjuang untuk mewujudkan keputusan ini, baik sebagai kepala Federal Reserve bank San Fransisco ataupun wakil dari Bernanke, gubernur The Fed sebelumnya.

Akhirnya, prediksi banyak orang tersebut menjadi kenyataan. Yellen berhasil menjadi gubernur The Fed yang baru setelah memenangkan voting yang dilakukan senat.

Meskipun terjadi cuaca yang buruk pada saat pemilihan ini, yang membuat beberapa anggota senat terhambat perjalannanya kembali ke Washington, tetapi, pilihan berakhir dengan kemenangan Yellen atas lawannya. Yellen mendapatkan 56 berbanding 26 suara dari pemilihan ini. Bila dibandingkan dengan Bernanke pada saat pemilihan pada 2010, perolehan suara ini cukup lemah. Karena, saat itu, Bernanke berhasil mendapatkan suara 70-30.

janet yellen, bernanke, the fed, amerika serikat, ekonomi

Kemenangan Yellen ini didapat setelah dia berhasil mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat dan 11 senat Partai Republik. MeskipunJanet Yellen memenangkan pemilihan ini, ada 26 suara yang menentangnya. 26 suara ini berasal dari Partai Republik yang tidak setuju dengan kebijakannya.

Kemenangan Yellen ini juga menjadi sejarah. Hal ini dikarenakan, Yellen adalah wanita pertama yang menjadi gubernur The Fed dalam 100 tahun. Dia juga menjadi beberapa wanita yang mampu menuju bank sentral global.

Mengenai kemenangan Yellen ini, Presiden Obama menyatakan bahwa rakyat AS akan memiliki orang yang paham dengan tujuan akhir kebijakan ekonomi dan keuangan Amerika Serikat. Yaitu, untuk meningkatkan taraf hidup, pekerjaan dan standar kehidupan rakyat AS.

Mungkin, terpilihnya Yellen menjadi gubernur Federal Reserve yang baru ini sangat tepat, karena prestasi dia juga cukup baik.

Contohnya, saat akhir 2008, ketika AS menghadapi resesi dan peningkatan pengangguran, The Fed memangkas suku bunga overnight mendekati nol. Dan, Yellen yang menjadi wakil gubernur The Fed berhasil mengangkat neraca AS menjadi USD4 triliun. Dia melakukan pembelian obligasi yang menekan biaya pinjaman jangka panjang.

Hal diatas dapat dikatakan sebagai pemicu membaiknya perekonomian Amerika Serikat. Dan juga, kemampuan mereka untuk pulih dari krisis yang melanda mereka di tahun 2008.

Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah menunggu. Apakah ada kebijakan baru dari Janet Yellen yang akan dikeluarkan. Hal ini dikarenakan, baik secara langsung maupun tidak langsung, keputusannya akan mempengaruhi keadaan Rupiah yang saat ini masih lemah.

janet yellen, bernanke, the fed, amerika serikat, ekonomi

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *