Teropong Bisnis | Homepage
Investor Asing Semakin Mudah Masuk Indonesia di Tahun 2014

Investor Asing Semakin Mudah Masuk Indonesia di Tahun 2014

0 Comments 🕔27.Dec 2013

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus siap menghadapi berbagai tantangan termasuk tantangan persaingan dari pihak investor asing. Pasalnya, ke depan investor asing akan semakin mudah dalam menguasai bisnis di Indonesia. Hal ini sangat erat hubungannya dengan revisi Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 36 Tahun 2010.

Revisi Perpres ini berisi mengenai Badan Usaha Tertutup dan Terbuka dengan Persyaratan atau lebih tenar aturan Daftar Negatif Investasi atau DNI. Setelah adanya revisi Perpres ini maka akan ada setidaknya 4 sektor usaha yang dulunya tertutup kini akan terbuka untuk pihak asing dimana jumlah presentase saham investor asing akan bertambah.

Sektor yang pertama berhubungan dengan penyediaan dan penyelenggaraan terminal darat. Kemudian, ada pula sektor pengujian kelayakan kendaraan bermotor atau KIR. Selain itu, pihak investor asing juga boleh memiliki 51% saham perusahaan periklanan dengan syarat khusus bahwa investor merupakan investor dari ASEAN.

Aturan lain setelah direvisi adalah ketetapan pihak investor asing yang juga boleh menguasai 49% saham pembangkit listrik berkapasitas kurang dari 10 megawatt. Sebelumnya, sektor-sektor tersebut memang tertutup untuk pihak investor asing. Sektor-sektor tersebut memang diperuntukkan bagi Usaha Kecil Menengah atau UKM.

investor asing

Pihak investor asing harusnya akan senang karena mereka juga bisa lebih bisa bergerak di sektor farmasi dan modal ventura. Contohnya saja di industri farmasi dimana saham yang awalnya hanya 75% kini ditingkatkan menjadi 85%. Namun, di tengah kelonggaran tersebut, Indonesia juga menutup sektor atau industri bagi pihak investor asing.

Sebagai contoh, pihak investor asing tidak diperbolehkan menanamkan saham mereka pada sektor pertanian holtikultura atau pertanian buah dan sayuran. Hingga saat ini saham investor asing pada sektor ini mencapai 95%. Jika revisi ini jadi diterapkan maka investor asing hanya diperbolehkan menguasai saham maksimal 30% saja.

Revisi ini juga mengaitkan satu sektor baru yaitu penyelenggaraan perdagangan alternatif di perdagangan bursa berjangka. Nantinya, pihak investor asing boleh menguasai hingga 95% perusahaan pialang berjangka. Mahendra Siregar selaku Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM menuturkan bahwa revisi aturan baru ini justru untuk menarik investor asing agar berinvestasi di Indonesia.

Tujuan ini juga berhubungan target saham investor asing yang masuk Indonesia. Pihaknya menargetkan investasi yang masuk Indonesia berada di kisaran Rp. 450 triliun. Jumlah ini naik 15% jika dibandingkan dengan tahun ini yang hanya mencapai Rp. 390.30 triliun. Menurut mereka, pebisnis atau Investor Indonesia tidak perlu khawatir karena sektor yang dibuka tersebut merupakan sektor-sektor dengan kebutuhan modal yang sangat besar.

Bahkan. DNI baru tersebut belum tentu akan menaikkan jumlah investasi di Indonesia untuk tahun 2014 mendatang. Namun, Mahendra yakin bahwa pemberlakuan aturan baru ini akan sangat berdampak positif di masa yang akan datang.

investor asing

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *