Teropong Bisnis | Homepage
Investment Grade Stabil, Indonesia Menjadi Negara Maju Baru

Investment Grade Stabil, Indonesia Menjadi Negara Maju Baru

0 Comments 🕔14.Oct 2013

Investasi asing merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia. Dari sanalah negara Indonesia mendapatkan banyak pemasukan yang nantinya akan digunakan untuk kesejahteraan rakyat. Dan, bila Anda melihat situasi ekonomi Indonesia dan dunia saat ini, bisa dikatakan negara kita belum keluar dari masalah ini sepenuhnya. Hal ini bisa dilihat dari lemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS saat ini.

Akan tetapi, Rating and Investment Information, Inc (R&I) saat melakukan riset tentang keadaan investment grade negara Indonesia menyatakan sebaliknya. Lembaga pemeringkat asal Jepang ini menyatakan bahwa peringkat investasi Indonesia (Sovereign Credit Rating) berada pada outlook stabil BBB-.

Menurut R&I ada 4 hal yang memberi pengaruh mengapat keadaan investasi Indonesia sangat stabil bahkan bisa dikatakan baik. 4 hal ini pulah yang menjadi dasar R&I mempertahankan status sovereign credit rating Indonesia seperti yang disebutkan diatas.

R&I menulis pada risetnya, hal pertama yang mempengaruhi stabilnya kondisi investasi rating Indonesia adalah keadaan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seperti yang terlampir pada Setkab pada Sabtu 12 Oktober 2013, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dalam jangka panjang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat investasi Indonesia.

Yang kedua adalah pengelolaan fiskal. Indonesia menerapkan sistem dan cara konservatif dalam pengelolan fiskal.

Yang ketiga adalah keadaan perbankan Indonesia yang sehat. Hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan kredit di Indonesa, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan yang terakhir adalah beban utang Pemerintah yang rendah.

Selain 4 hal diatas, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi keadaan investment grade di Indonesia. Menurut R&I, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah cadangan devisa Indonesia. Indonesia mampu mempertahankannya, sehingga dapat digunakan untuk membayar semua Utang Luar Neger Jangka Pendek Indonesia.

Bahkan, cadangan devisa Indonesia mengalami kenaikan. Menurut Bank Indonesia (BI), cadangan devisa Indonesia yang tercatat per 30 September 2013, mengalami kenaikan sebesar 2,88 persen. Sebelumnya, cadangan devisa Indonesa mencapai USD 92,99 miliar dan mengalami kenaikan menjadi sebesar USD 95,67 miliar.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan nilai tukar Rupiah. Keadaan nilai tukar Rupiah yang turun 17,7 persen tidak mempengaruhi kenaikan cadangan devisa Indonesia ini.

Dengan semua informasi yang ditemukan oleh riset R&I diatas, mereka yakin bahwa peringkat investment grade mampu dipertahankan. Hal ini juga dipengaruhi dengan kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah dalam menghadapi keadaan ekonomi saat ini.

Dan, Sumber Daya Alam dan pasar domestik yang besar sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi Indonesia. Investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) yang masuk akan menjadi roda penggerak ekonomi Indonesia.R&I juga memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi jangka menengah Indonesia akan menunjukkan keadaan yang membaik bila dapat mempertahankan kondisi ini.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *