Teropong Bisnis | Homepage
Inilah Daftar Barang Mewah Kena Pajak

Inilah Daftar Barang Mewah Kena Pajak

0 Comments 🕔04.Sep 2013

Membayar pajak memang merupakan kewajiban semua warga Negara. Sebagai warga Negara yang baik, kita wajib membayar pajak yang sesuai dengan apa yang kita miliki. Tentu saja kisaran pajak itu berbeda dari satu barang atau aset dengan barang atau aset lainnya. Nilainya telah diputuskan dan disepakati bersama oleh pemerintah dan rakyat.

Pajak itu nantinya akan menjadi penghasilan Negara yang hasil akhirnya tentu akan dikembalikan kembali kepada rakyat. Jika rakyat selalu tanggap dengan kewajiban mereka dan selalu tepat membayar pajak maka Negara akan mempunyai penghasilan yang cukup besar dari pajak. Nantinya masyarakat akan mendapatkan kemakmuran juga.

Saat ini banyak sekali orang yang tidak tanggap dengan kewajiban membayar pajak. Mereka tidak tahu berapa banyak uang yang harus dibayarkan ketika mereka punya sebuah barang yang mewah. Anda sebenarnya harus tahu kalau sekarang ini pemerintah memang sudah mengeluarkan sebuah peraturan tentang pajak untuk semua barang yang tergolong mewah namun selain kendaraan bermotor.

Kegunaan Aturan Pajak Barang Mewah

Sebenarnya untuk apa kita harus membayar pajak untuk barang mewah yang kita beli? Tentu Anda membeli barang mewah itu dengan harga yang sangat mahal dan mungkin Anda tidak mau mengeluarkan uang banyak lagi hanya untuk membayar pajak. Namun pemerintah memang mengeluarkan aturan ini untuk menjaga stabilitas ekonomi makro dan juga mendorong ekonomi yang ada di Indonesia saat ini.

Seperti yang kita ketahui, saat ini ekonomi dalam negeri cenderung terpuruk dan akhirnya ada gejolak di pasar keuangan dalam negeri. Dampak rupiah yang semakin melemah juga terasa pada sejumlah industri dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah memang harus memutar otak agar perekonomian dalma negeri terus berjalan dengan cara menerapkan pajak barang mewah tersebut.

5.b Inilah Daftar Barang Mewah Kena Pajak

Barang Mewah Kena Pajak

Lalu barang apa saja yang kena pajak? Barang-barang yang kena pajak di antaranya lemari pendingin atau pembeku dengan harga jual di atas Rp 10 juta, pemanas air yang harganya di atas Rp 5 juta rupiah, mesin cuci dengan harga Rp 5 juta ke atas, perlengkapan memancing dengan harga Rp 2.5 juta rupiah per buahnya, AC dengan harga di atas Rp 8 juta per buah, Apartemen, Karpet mahal, parfum mahal, arloji mahal dan barang-barang lainnya. Barang yang termasuk dalam kategori barang mewah tentu saja barang yang dijual dengan kisaran harga yang sangat mahal.

Memang barang mewah kena pajak dibedakan menurut kategorinya yakni masuk ke kelompok barang peralatan rumah tangga dan olahraga dan juga ada yang masuk ke kelompok kappa dan kendaraan lainnya. Jika Anda mempunyai barang dari kulit atau kulit tiruan maka Anda juga akan kena pajak sesuai dengan aturan. Semua barang yang dibuat dari mutiara, batu mulia dan campurannya akan terkena pajak dengan besaran berbeda.

5.c Inilah Daftar Barang Mewah Kena Pajak

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *