Teropong Bisnis | Homepage
Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

0 Comments 🕔12.Feb 2016

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang juga dikenal sebagai kebijakan ekonomi terbaru urutan ke-10. Hal ini juga terkait dengan keputusan yang diambil oleh bapak Presiden  kita saat ini, yang memang ingin meluncurkan kebijakan tersebut untuk perkembangan perekonomian yang jauh lebih baik. Hal ini juga sempat dinyatakan oleh Pramono Agung selaku Sekretaris Kabinet yang menyatakan untuk detail dari paket kebijakan tersebut akan dilakukan pada hari Kamis, tanggal 11 bulan Febnruari tahun ini.

Pernyataan beliau berkaitan dengan pertanyaan yang menyinggung bentuk revisi dari Daftar Negatif Investasi. Namun beliau tidak menjawabnya dan hanya menyatakan bahwa detail kebijakan ekonomi tersebut hanya akan disampaikan pada waktunya tadi. Selain itu, beliau juga hanya menyatakan bahwa cakupan dari Daftar Negatif Investasi memang cukup luas cakupannya. Hal tersebut dinyatakan olehnya ketika berada di kantor presiden pada waktu tanggal 10 bulan Februari tahun ini.

Pada dasarnya, revisi yang dilakukan terhadap Daftar Negatif Investasi atau disingkat menjadi DNI itu sendiri memang sudah dilakukan oleh pihak pemerintah sejak jauh hari. Hal ini bahkan tertuang dalam peraturan DNI yang ada pada peraturan presiden tepatnya di nomor 39 yang dilahirkan pada tahun 2014 lalu. Dari peraturan tersebut, Anda dapat melihat kebijakan yang berkaitan dengan daftar dari bidang usaha tertutup serta daftar dari berbagai macam bidang usaha yang terbuka dan juga bentuk persyaratan yang dimiliki olehnya. Dengan dilakukannya revisi maka keran investasi pun dibuka dengan cakupan yang jauh lebih luas. Sementara itu, salah satu bentuk investasi yang cukup ramai dibicarakan adalah bentuk investasi asing yang bergerak dalam bidang perfilman.

Pramono juga menyatakan pendapatnya terkait dengan kebijakan ekonomi terbaru yang hendak dikeluarkan oleh Jokowi. Menurut beliau, Presiden Jokowi, pada dasarnya tetap menginginkan para pelaku dari Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM lah yang mendapatkan perlindungan pasti. Sedangkan bentuk perlindungan yang ada biasanya hanya diperuntukkan bagi investasi asing atau perusahaan terbuka saja yang tentunya memiliki nilai Rp 10 miliar ke bawah. Hal inilah yang menyebabkan UMKM tetap menjadi bagian yang tidak tersentuh, sehingga bentuk perlindungan utuh pun tidak dapat dirasakan olehnya.

Selain hal tersbeut, ada lagi poin lainnya yang menjadi bagian dari kebijakan ke-10 ini. Hal ini tidak lepas dari mata rantai yang berkaitan dengan sistem perdagangan serta strategi yang wajib dimiliki, utamanya berkaitan dengan masyarakat ASEAN lainnya, dan juga bentuk peningkatan dari lapangan pekerjaan. Karena itulah paket yang satu ini lebih mengarah menuju upaya modernisasi dan bukan termasuk dalam bagian liberalisasi. Presiden juga memiliki harapan yang kuat untuk meningkatkan daya saing, serta memiliki iklim investasi dengan cara yang jauh lebih menarik dari bentuk kebijakan ekonomi terbaru tersebut.

Kebijakan Ekonomi Terbaru

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *