Teropong Bisnis | Homepage
Indonesia Terseret Kasus Suap dengan Diebold di Amerika Serikat

Indonesia Terseret Kasus Suap dengan Diebold di Amerika Serikat

0 Comments 🕔25.Oct 2013

Kasup suap rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Contohnya, kasus yang baru-baru ini terjadi di Amerika. Adalah Diebold Inc. yang terbukti melakukan suap kepada para pejabat. Berita buruknya, kasus ini juga menyeret Indonesia selain Rusia dan China.

Setidaknya, ada 3 bank pemerintah yang akan terseret arus kasus penyuapan Diebold ini. Sebagai Informasi, Diebold merupakan produsen ATM atau Automated Teller Machine di Amerika Serikat. Pihaknya harus membayar denda sebesar US$48 juta atau Rp. 523,9 miliar karena terbukti melakukan penyuapan di 3 negara tersebut. Suap tersebut rupanya digunakan produsen ATM Amerika ini untuk melancarkan penjualan mesin ATM mereka kebank-bank di 3 negara tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Securities and Exchange Commission atau SEC Amerika Serikat. Pihak SEC juga mengungkap bahwa perusahaan pembuat ATM ini terbutkti memalsukan pembukuan dan pencatatan transaksi untukmenyembunyikan dana suap yang bernilai sekitar US$1.2 juta. Di Rusia, dana tersebut sudah mengalir kepada beberapa pejabat bank swasta sejak tahun 2005 hingga 2008. Prosedurnya adalah dengan membuat kontrak layanan palsu untuk menyalurkan dana suap melalui distributor di Rusia.

Kontrak layanan palsu tersebut bertujuan untuk menyembunyikan catatan pembayaran menjadi pengeluaran bisnis yang memang sah. Kasus penyuapan ini termasuk membayar US$ 1.8 juta untuk biaya jalan-jalan, hiburan serta hadiah yang tidak ada hubungannya dengan kontrak. Dana ini diperkirakan sudah dinikmati oleh beberapa pejabat di Indonesia dan China khususnya mereka yang mampu membuju bank pemerintah untuk membeli ATM dari perusahaan yang berpusat di Ohio tersebut. Dengan pembayaran denda sebesar US$ 48 juta tersebut maka kasus penyuapan Diebold  termasuk kasus kriminal pararel di Ohio akan selesai.

Selaku Jaksa Agung Ohio, Mythili Raman menyatakan bahwa perusahaan ini membayar suap dengan tujuan bisnis serta memalsukan dokumen untuk menutupi jalur keuangannya khususnya di Indonesia, China dan Rusia. Tentu saja, Dieblod telah melanggar aturan main dan bertentangan dengan hukum. Sementara itu, setelah terkuaknya kasus ini Bank Indonesia akan memanggil beberapa pihak terkait seperti Direktur Kepatuhan bank BUMN. Bisa jadi, BI akan meminta bank BUMN untuk melakukan internal audit terkait dengan kasus penyuapan tersebut.

Rencana pemanggilan dan audit ini dinyatakan oleh Direktur Eksekutif Departmen Komunikasi BI, Difi Johansyah. Selain memberikan klafirikasi mengenai pemanggilan tersebut, Difi juga mengungkapkan bahwa BI tidakmelakukan pengawasan hingg pada teknis pengadaan ATM ataupun IT. Untuk itu, diperlukan tindaklanjut dan pendalaman sebelum menangani kasus ini lebih lanjut.

Menurutnya, kasus penyuapan Diebold ini sangat erat hubungannya dengan good corporate governance yang mana tidak dibenarkan untuk melakukan suap. Di Indonesia sendiri Diebold sudah menjual ATM dan produk lainnya kepada bank BUMN di Indonesia sejak tahun 2005 hingga tahun 2010. Penjualan tersebut dilakukan melalui anak usaha mereka yaitu Diebold Indoensia.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *