Teropong Bisnis | Homepage
Indonesia dan India Semakin Lengket dan Akrab

Indonesia dan India Semakin Lengket dan Akrab

0 Comments 🕔14.Oct 2013

Indonesia dan India saat ini telah mempererat kerjasama mereka dibidang ekonomi dan perdagangan. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya kerjasama ekonomi komprehensif (CECA). Perjanjian ini diharap bisa meningkatkan nilai perdagangan antara kedua negara hingga mencapai USD 25 miliar atau Rp. 284 triliun pada tahun 2025.

Perjanjian antara Indonesia dan India selesai setelah pembicaraan antara Presiden SBY dengan Perdana Menteri India, Manmohan Singh, di Istana Negara, Jakarta pada Jumat 11 Oktober 2013, berjalan lancar.

Menurut SBY, kerjasama ini sangat mungkin dilakukan karena Indonesia dan India mempunyai karakteristik yang sama di berbagai sektor ekonomi. Beliau mengatakan bahwa potensi pasar domestik kedua negara sangatlah besar dan masih bisa sangat berkembang di masa mendatang. Dan, tantangan yang dihadapi kedua negara ini juga sama.

Bila anda melihat kondisi ekonomi saat ini, bisa dikatakan Indonesia dan India berada pada posisi yang sama dan berpotensi untuk mendapatkan banyak masalah. Tapi, menurut SBY, dengan bekerjasama ini, kedua negara akan dapat bertahan dan mendapat keuntungan.

Ada beberapa hal yang disepakati pada perjanjian kerjasama Indonesia dan India ini. Yang pertama, kedua negara wajib untuk saling mendorong perdagangan dan meningkatkan investasi.

Yang kedua, diupayakan agar pertemuan antara dunia bisnis Indonesia dan India juga sering dilakukan untuk tujuan sebelumnya.

Perjanjian CECA ini juga akan mengatur pertemuan tingkat menteri setiap tahun untuk merencanakan langkah strategis mencapai target pada tahun 2025.

Target USD 25 miliar juga sangat logis. Menurut PM Manmohan, saat ini sudah banyak pengusaha Indonesia dan India yang sudah sering berhubungan, jadi target ini dirasa bisa dicapai.

Dengan adanya kerjasama ini, PM Manmohan juga percaya akan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi kedua negara.

CECA juga akan menjadi pilar penting saat Indonesia memasuki sistem liberalisasi perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. Dan juga, India akan lebih terlibat lagi setelah Regional Comprehensive Economic Partnership Agreement (RCEP) terlaksana.

Presiden SBY juga setuju untuk meningkatkan hubungan kerjasama ekonomi tidak hanya Indonesia dan India. Akan tetapi, India dengan negara-negara ASEAN. Bila hal ini dapat diwujudkan secepatnya, dan juga RCEP dapat terlaksana, maka akan menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Pertemuan ini tidak hanya membahas mengenai kerjasama ekonomi antara Indonesia dan India. Pada pertemuan ini, kedua negara juga menyepakati 5 Memorandum of Understanding (MoU). Kelima hal ini adalah penanganan bencana, penanganan masalah korupsi, pemberantasan narkotika, peningkatan kualitas kesehatan dan kerjasama antar institusi Indonesia dan India.

Kerjasama kedua negara dalam bidang teknologi juga dibahas. Hal ini berkaitan dengan pengelolaan nuklir dan pengiriman satelit ke luar angkasa.

Selain itu, kedua pemimpin menjajaki kemungkinan untuk bekerjasama dalam pengamanan Samudera Hindia. Hal ini akan dilakukan dengan program Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation (IOR-ARC).

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *