Teropong Bisnis | Homepage
Indonesia Alami Awal Krisis Moneter

Indonesia Alami Awal Krisis Moneter

0 Comments 🕔29.Aug 2013

Ekonomi Indonesia memang sedang tidak dalam kondisi yang baik. Hal ini terlihat dari semakin melemahnya Rupiah terhadap Dolar dan juga indeks harga saham yang juga mengalami penurunan. Artinya tingkat penggunaan rupiah menurun dalam beberapa sektor. Banyak pakar yang mengatakan bahwa Indonesia memang sedang berada di gerbang krisis moneter lagi.

Pemerintah memang tidak boleh hanya diam dengan keadaan yang semakin memburuk ini. Pemerintah diharapkan tetap memberikan solusi. Saat ini pemerintah memang berusaha untuk membuat tenang rakyat dengan mengatakan bahwa keadaan seperti ini bukanlah keadaan yang berbahaya. Namun pakar ekonomi mengatakan sebaiknya memang pemerintah mengatakan bahwa Indonesia dalam bahaya krisis ekonomi.

Kondisi Ekonomi Kronis

Sikap pemerintah memang agak disayangkan oleh beberapa pakar ekonomi saat ini. Pemerintah seakan bersikap sangat tenang. Pemerintah juga cenderung tidak mau mengakui keadaan yang sebenarnya. Beberapa pakar ekonomi membuat perumpaan seperti sebuah penyakit yang tidak diakui oleh pasiennya sendiri. Penyakit itu akan semakin parah kalau tidak diperiksa oleh dokter dan kemudian di beri obat.

Begitu juga keadaan ekonomi Indonesia saat ini. Semua sedang sangat kacau dan jika terus-menerus dibiarkan maka cepat atau lambat krisis akan segera menyerang semua sektor ekonomi di Indonesia. Pakar ekonomi mengatakan bahwa penyebab dari kekacauan ekonomi Indonesia memang diawali dengan melemahnya rupiah yang terus menerus. Melemahnya rupiah memang dikarenakan beberapa faktor.

Rupiah melemah karena stimulus AS dihentikan. Perekonomian AS memang telah jauh lebih baik. Oleh karena itu AS ingin mencabut stimulus di pasar Asia. Namun ternyata hal itu sangat berdampak untuk semua bursa saham di beberapa Negara Asia dan termasuk Indonesia. Semua nilai tukar mata uang di pasar Asia terhadap dolar cenderung melemah.

Indonesia Alami Awal Krisis Moneter

Cadangan Devisa Menipis

Ternyata masalah yang disebabkan oleh melemahnya rupiah ini juga sangat berdampak bagi beberapa masalah lainnya misalnya masalah Cadangan Devisa kita. Saat ini cadangan devisa juga semakin menipis. Cadangan devisa yang semakin menipis ini juga disebabkan karena perdagangan juga dipengaruhi oleh nilai mata uang rupiah. Saat ini kita ketahui bahwa dolar merajai semua bursa saham dengan penguatan mata uangnya tersebut.

Jika dolar semakin tinggi maka jumlah dagangan yang bisa dijual juga membutuhka biaya yang cukup besar. Selain masalah cadangan devisa, Indonesia dihadapkan pada sebuah masalah hutang yang sangat besar juga. Saat ini hutang Indonesia semakin tinggi dan tentunya sangat memperburuk keadaan ekonomi di Indonesia dan akan menghambat semua hal jika tidak segera di cari solusinya.

Seharusnya memang pemerintah mulai mempertimbangkan beberapa kebijakan untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia. Situasi dan kondisi dalam negeri juga harus dijaga agar stabil. Situasi keamanan dalam negeri memang sangat mempengaruhi investor untuk membeli saham dari perusahaan di Indonesia juga.

Indonesia Alami Awal Krisis Moneter

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *