Teropong Bisnis | Homepage
Indonesia Akan Hancur Tanpa Perbaikan Keseimbangan Eksternal

Indonesia Akan Hancur Tanpa Perbaikan Keseimbangan Eksternal

🕔29.Oct 2013

Indonesia saat ini sedang menghadapi defisit akun semasa (current account) yang terburuk sejak krisis 1998-1999. Meskipun pada sesudah krisis sampai 2011, Indonesia mendapatkan surplus akun semasa, tetapi, pada triwulan II-2013, Indonesia mengalami defisit sebesar 4,4% dari produk domestik bruto.

Memang sebelum krisis juga terjadi defisit akun semasa. Tetapi, saat itu, tidak terjadi defisit transaksi perdagangan.

Tapi, sejak triwulan II-2013, terjadi defisit transaksi perdagangan yang murni barang berdasarkan nilai Free on Board (FOB). Bahkan, bila anda melihat informasi dari Badan Pusat Statistik mengenai nilai FOB berdasarkan nilaicost, insurance, and freight (CIF), hal ini sudah terjadi sejak 2012.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan perbaikan keseimbangan eksternal di dua bagian, yaitu mengembalikan surplus perdagangan barang dan juga menekan defisit perdagangan jasa. Caranya, sektor industri manufaktur, pertanian dan minyak dan gas bumi harus dibenahi total.

Adanya mobil murah ramah lingkungan (LCGC) dan pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bukanlah cara untuk untuk mendorong industri manufaktur. Hal ini akan meningkatkan pasar domestik yang tidak dapat memperbaiki keseimbangan eksternal.

Pemerintah seharusnya hanya memberikan insentif fiskal untuk mobil yang benar-benar mobil hijau (green car) atau yang tidak menggunakan bahan bakar fosil. Hal ini akan menciptaan keekonomian skala (economies of scale) sehingga produsen terbaiklah yang hanya bisa mendapatkannya.

Seharusnya, pemerintah memberikan pembebasan pajak keuntungan (tax holiday) selama 5 tahun pertama, penurunan PPnBM (tidak dibebaskan) untuk menekan konsumsi mobil dalam negeri. Dan, juga pemberian insenstif produksi (bukan LCGC) perlu dilakukan agar produsen mobil mempercepat alih teknologi yang akan memicu industri komponen.

Selain itu, Pemerintah juga perlu mencabut aturan kawasan industri 400 hektar di satu provinsi dan 2000 hektar di seluruh Indonesia. Hal ini akan dapat mewujudkan peningkatan keekonomian skala.

Perlu juga diperhatikan impor produk industri yang sangat mendominasi saat ini. Dengan penguatan industri barang modal dan industri dasar maka akan memperkuat kemandirian dan daya tahan ekonomi Indonesia.

Kebijakan industrial yang tidak bias konsumsi diperlukan agar tidak meningkatkan industri yang berorientasi pasar domestik, seperti yang terjadi dalam 5 tahun terakhir. Hal ini akan memperburuk keseimbangan eksternal.

Pemerintah perlu juga memperhatikan TKI yang menjadi penyumbang devisa terbesar dengan pemasukan 7,0 miliar dollar AS  dan pengeluaran 2,4 miliar dollar AS. Jadi, Indonesia mendapatkan 4,6 miliar dollar AS.

Sumbangan devisa dari turis juga tidak sebanding dengan TKI, dengan pemasukan 8,3 miliar dollar AS dan pengeluaran 6,8 miliar dollar AS. Sektor ini hanya memberikan 1,5 miliar dollar AS.

Sektor jasa angkutan laut memiliki pengeluaran mencapai 9,6 miliar dollar AS dengan pemasukan hanya 2 miliar dollar AS, artinya defisit sebesar 7,6 miliar dollar AS.

Dibutuhkan visi maritim dengan cara penguasaan transportasi laut dan pembentukan armada yang kuat. Dengan hal ini, maka, defisit pada sektor angkutan laut dapat teratasi.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke