Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Harga Saham Gabungan Naik Tipis di Akhir Bulan Agustus

Indeks Harga Saham Gabungan Naik Tipis di Akhir Bulan Agustus

0 Comments 🕔30.Aug 2013

Ekonomi yang ada di wilayah regional, kerap sekali dipengaruhi oleh IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Beberapa pekan yang lalu, banyak sekali para ahli ekonom yang memprediksi bahwa Indeks Harga Saham Gabungan akan bergerak dengan relatif hingga akhir pekan hari ini. Prediksi tersebut ternyata tidak meleset. Tepat hari ini, banyak sekali usaha dari investor asing yang mulai masuk di Indonesia, dan juga banyak yang membeli saham-saham unggulan di pasar. Hal ini jelas dikarenakan adanya kenaikan BI Rate yang terjadi beberapa waktu lalu. Alhasil, Indeks Harga Saham Gabungan sukses mendukung hal ini dengan kenaikan yang signifikan.

Indeks Harga Saham Gabungan Mempengaruhi Kenaikan Beberapa Saham

Bursa dari Wall Street menunjukan bahwa Indeks Harga Saham Gabungan mengalami kenaikan, meskipun jumlahnya sangat tipis sekali. Di Negara Amerika Serikat sendiri, ahli ekonom di Negara tersebut mengatakan bahwa status Indeks Harga Saham Gabungan masih berada di luar harapan mereka. Semalam, memang Indeks Harga Saham Gabungan mengalami kenaikan dengan jumlah 0,11 persen. Kenaikan tersebut tentunya menjadikan beberapa harga saham ikut mengalami kenaikan pula, contohnya adalah S&P500 yang mengalami peningkatan harga saham sebesar 0,20 persen. Sementara itu, dibawahnya diikuti oleh Nasdaq yang mengalami peningkatan lebih tinggi yaitu 0,70 persen. Hal ini menyimpulkan bahwa status Indeks Harga Saham Gabungan di Asia saat ini sedang dalam kondisi yang cukup baik.

Indeks Harga Saham Gabungan Naik Tipis di Akhir Bulan Agustus

Nilai Tukar Rupiah Tembus Level 10.935

Sayangnya ini tidak diimbangi dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang cukup bagus. Banyak orang yang mengeluhkan nilai tukar dollar yang semakin tinggi saat ini. Meskipun Indeks Harga Saham Gabungan bergerak meningkat, tapi nilai tukar rupiah saat ini menembus level 10.935 untuk satu dollar ASnya. Dengan demikian, harus ada langkah signifikan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah tersebut. Nilai tukar rupiah yang semakin lama makin tinggi juga pastinya akan berdampak buruk bagi perkembangan ekonomi di Negara ini. Dimana harga barang kebutuhan pokok, dan juga kebutuhan sekunder dan tersier nantinya akan mengalami kenaikan yang tinggi. Indeks Harga Saham Gabungan mengalami rebound yang cukup bagus usai Bank Indonesia menaikan lagi suku bunga acuan mereka.

Mengapa Bank Indonesia melakukan langkah penaikan suku bunga acuan lagi? Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki sistem ekonomi yang ada di Indonesia. Mereka berharap dengan menaikan suku bunga acuan, nantinya nilai tukar rupiah bisa makin stabil lagi. Dalam Rapat Dewan Gubernur Darurat yang membahas mengenai ancaman inflasi yang terjadi pada bulan Agustus dan bulan September, ditemukan dan diputuskan sebuah solusi bahwa harga suku bunga acuan harus dinaikan lagi untuk mengatasi masalah ekonomi yang ada di Negara ini. Secara teknis, Indeks Harga Saham Gabungan yang mengalami kenaikan memang tidak berdampak apa-apa bagi perekonomian Indonesia.

Indeks Harga Saham Gabungan Naik Tipis di Akhir Bulan Agustus

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *