Teropong Bisnis | Homepage
Imbas Pidato Terakhir Ben Bernanke Terhadap Dollar AS

Imbas Pidato Terakhir Ben Bernanke Terhadap Dollar AS

0 Comments 🕔06.Jan 2014

Pada awal tahun 2014 ini, dollar Amerika Serikat mengalami penguatan. Uniknya, hal ini terkait dengan pernyataan Gubernur The Federal Reserve, Ben Bernanke. Dirinya sangat yakin bahwa Amerika Serikat akan segera keluar dari zona risk aversion. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa ekonomi Amerika Serikat akan menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan 2013 lalu.

Sayangnya, pernyataan ini justru direspon penurunan di sektor pasar saham. Penurunan ini terjadi karena investor masih ingin melihat data yang ada dan lebih pasti. Komitment Bernanke untuk memberikan kebijakan yang sifatnya akomodatif menjadi salah satu alasan kuat mengapa dollar Amerika Serikat menguat.

Ia bahkan akan memberikan kebijakan tersebut walaupun stimulus obligasi akan dipangkas. Perlu Anda ketahui bahwa pidatonya tersebut merupakan pidato terakhir sebagai gubernur di The Fed. Ini menjadi pidato terakhirnya karena akhir bulan nanti, dirinya harus mengakiri masa jabatan sebagai Gubernur The Fed.

Inti dari pidato tersebut adalah mengemukakan rasa optimisnya terhadap perbaikan ekonomi Amerika Serikat di kuartal 2014 mendatang. Yang menjadi perhatian dari pidatonya tersebut adalah rasa tidak puas dan kemarahannya. Menurutnya, justru kabar baik di sektor perumahan, keuangan dan kebijakan fiskal tidak dianggap sebagai pemulihan ekonomi.

ben bernanke, dollar AS, The Fed, ekonomi, bisnis

Memang, saat itu dollar Amerika Serikat sempat melemah terhadap mata uang Yen. Secara spesifik, pelemahannya berada pada level 104.05 yen per USD. Omer Esiner selaku Kepala analis Commonwealth Foreign Exchange Inc. mengatakan bahwa rebound yen juga merupakan sisa sell off yang ada dalam ekuitas periode lalu.

Imbas dari obligasi Amerika Serikat justru membuat kondisi semakin menarik. Kerugian ini terobati setelah terjadi penguatan pada level 104.74 yen per USD walaupun level penguatan ini masih berada di bawah level tertinggi 5 tahunan. Level tertinggi 5 tahunan berada di 105.44 yen per USD.

Setelah itu, indeks dollar Amerika Serikat terus menguat bahkan terhadap 6 mata uang utama dengan nilai penguatan sebesar 0.3%.Dengan penguatan tersebut level dollar berada di 80.854 di DXY. Hasil ini membaik setelah mencapai level tertinggi 2 mingguan. Penguatan ini disebabkan oleh data ekonomi yang diperkuat karena rencana The Fed untuk memangkas kembali pembelian obligasi.

Alasan lain mengapa dollar Amerika Serikat menguat adalah karena faktor alam. Saat ini, terjadi badai salju sehingga kondisi menjadi sangat dingin khususnya di daerah timur laut Amerika Serikat. Dengan adanya badai salju hebat ini, itu artinya Amerika Serikat harus menunda penerbangan serta terjadi kelumpuhan perjalanan.

Bahkan, Amerika Serikat harus menutup sementara sekolah-sekolah, kantor-kantor pemerintah di seluruh wilayah. Tentu saja, hasil ini juga masih harus menunggu data yang lebih pasti. Setidaknya, penguatan nilai dollar Amerika Serikat akan terlihat jelas dan lebih maksimal.

ben bernanke, dollar AS, The Fed, ekonomi, bisnis

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *