Teropong Bisnis | Homepage
Imbas Dari Keputusan Bank Federal AS Terhadap Harga Emas

Imbas Dari Keputusan Bank Federal AS Terhadap Harga Emas

0 Comments 🕔25.Dec 2013

Dampak pengurangan program stimulus moneter oleh Bank Federal Amerika Serikat bermacam-macam. Salah satu dampaknya adalah imbas harga emas yang tidak begitu menggembirakan. Hal ini diketahui melalaui informasi perdagangan emas pekan lalu. Pekan lalu, emas diperdagangkan pada kisaran harga US$1.187.20 per ons.

Untungnya, harga tersebut berhasil naik yaitu mencapai US$ 1.200 pada penutupan perdagangan, itupun karena investor lebih memilih mengambil keuntungan yang tidak seberapa. Salah satu hal yang mempengaruhi harga emas tersebut adalah karena Fed justru memutuskan untuk menurunkan stimulus pembelian obligasinya.

Awalnya, stimulus pembelian obligasi adalah US$85 miliar namun akhirnya diputuskan hanya menjadi US$75 miliar saja. Salah satu analis yang merupakan analis dari Japanese Candlesticks dan Ichimoku Kinko Hyo, Alp Kocak memberikan prodiksinya. Menurutnya, rally pasar saham yang seperti ini akan terus berlanjut hingga kuartal pertama tahun 2014 mendatang.

Kondisi seperti ini tentu saja mempengaruhi daya tarik logam mulia. Selain itu, dirinya juga mencoba melihat pasar saham utama dan pair USD. Jika saham dirasa memberikan keuntungan yang lebih, maka investor juga tidak akan begitu tertarik untuk membeli emas. Alp Kocak juga mendasarkan pernyataannya melalui data Community Futures Trading Commission atau CFTC.

harga emas

Dari data tersebut didapatkan bahwa investor spekulatif di Chicago Mercantile Exchange justru mengurangi posisi net-long investor. Hal ini mengakibatkan adanya penurunan kontrak emas. Pada minggu sebelumnya, kontrak emas mencapai 26.380 namun selanjutnya menurun menjadi 25.904. Dirinya juga menilai berdasarkan grafik tren secara keseluruhan.

Dalam hal ini, harga emas akan tetap bearish. Teori ini rupanya juga sangat sesuai dengan perdagangan emas pada bulan Agustus lalu. Ia menambahkan bahwa tingkat 1.180 tersebut hanya akan berlaku untuk jangka pendek saja. Karena ini merupakan momen liburan, maka sepertinya banyak investor yang akan beristirahat dan berlibur terlebih dahulu.

Peluang kenaikan akan selalu ada bahkan menurut Alp harga emas bisa saja menguat pada tingkat 1.225. Akan sangat baik jika ada momen yang mendorong harga emas pada kisaran 1.213 dengan area resistance 1215.80. Penetapan standar harga emas di atas 1.225 memang sangat penting dan memiliki dampak yang signifikan.

Menurutnya. dengan ditahan pada tingkat tersebut maka tekanan bearish dapat diredam. Jika hal tersebut bisa diredam, maka harga emas akan kembali menguat hingga level 1.237. Sebaliknya, jika tekanan bearish terus terjadi dan tidak diredam maka harga emas bisa turun drastis. Bisa jadi, harganya akan tersangkut di kisaran 1.180 saja.

Mungkin saja, harganya justru terus merosot hingga 1.160 atau 1.138 saja. Tentu saja, sebagai salah satu investor emas, Anda berharap kondisi ini cepat membaik sehingga harga emas bisa kembali stabil. Akan sangat baik jika akhirnya tekanan bearish bisa diredam sehingga keuntungan Anda juga semakin meningkat.

harga emas

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *