Teropong Bisnis | Homepage
Iklan Humor Menjadi Yang Paling Efektif di Indonesia

Iklan Humor Menjadi Yang Paling Efektif di Indonesia

0 Comments 🕔07.Oct 2013

Salah satu faktor yang membuat usaha Anda sukses adalah promosi. Dan, iklan adalah alat untuk melakukan kegiatan promosi itu.

Ada banyak jenis iklan yang bisa kita jumpai. Tapi saat ini, masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan iklan yang mempunyai tema humor atau iklan lucu.

Harris Thajeb, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) mengatakan karakteristik masyarakat Indonesia sangat cocok untuk iklan bertema lucu. Akan tetapi, bila kita lihat saat ini, masyarakat lebih tertarik pada iklan yang mempunyai makna mendalam atau iklan humor dengan sedikit sentuhan intelektual.

Masih menurut Harris, jenis humor yang bisa dimasukkan pada iklan humor yang menarik banyak perhatian masyarakat saat ini adalah humor yang hampir sama dengan humor stand up comedy. Dan, untuk mendapatkan klimaks yang maksimal, sebaiknya kejutan pada iklan tersebut ditempatkan diakhir iklan.

Dengan cara diatas, menurut Harris, akan meningkatkan rasa ingin tahu atau penasaran masyarakat. Dan, iklan jenis ini akan lebih mudah meninggalkan kesan dipikiran masyarakat yang akan mampu menciptakan obrolan dari mulut ke mulut (word of mouth).

Tapi, Harris memperingatkan perusahaan yang ingin membuat iklan dengan tema seperti ini. Sebaiknya, jangan memasukkan unsur seks, slapstick atau sinisme. 3 hal ini dapat menyinggung satu pihak yang akan berakibat buruk pada promosi perusahaan tersebut.

Selain iklan yang bertemakan lucu, ada juga iklan yang menggunakan tema melankolis. Iklan jenis ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk menarik perhatian masyarakat. Yang perlu diingat, perlu dimasukkan unsur keluarga dan realita kehidupan agar iklan jenis ini mendapat respons positif.

The Nielsen Global Survey of Trust in Advertising meneliti tentang ketertarikan masyarakat Indonesia akan iklan ini. Hasilnya, 62% masyarakat Indonesia tertarik dengan iklan bertema humor, 58% iklan bertema kehidupan nyata, 44% iklan berorientasi nilai dan 40% iklan berorientasi keluarga.

Menurut Managing Director Advertising Solutions Nielsen, David Webb, iklan bertema kehidupan nyata, berdampak besar pada masyarakat Asia Tenggara. Iklan bertema nilai moral dan keluarga, serta humor, juga disukai oleh sebagian besar konsumen di Asia Tenggara.

David Webb menambahkan, untuk para pengusaha, sangatlah penting untuk membuat iklan yang mengajak konsumen untuk lebih dekat dengan merk. Dan juga iklan tersebut harus sangat mudah diingat dan mempunyai makna bagi konsumen. Dengan begitu, maka promosi perusahaan pengiklan akan sukses.

Selain itu, iklan humor dan iklan yang mengangkat tema keluarga dan kesehatan mendapatkan respons paling positif. Khususnya iklan yang mampu menyampaikan pesan langsung ke hati dan pikiran konsumen.

Survey The Nielsen Global Survey of Trust in Advertising ini dilakukan pada 18 Februari-8 Maret 2013. Survey ini dilakukan pada 29.000 konsumen online di 58 negara di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *