Teropong Bisnis | Homepage
IHSG Terpuruk, Tak Perlu Tanggapi Berlebihan!

IHSG Terpuruk, Tak Perlu Tanggapi Berlebihan!

0 Comments 🕔05.Sep 2013

Keadaan IHSG memang sedang terpuruk. Beberapa investor dan pemilik saham sedang sangat khawatir dengan dampak yang akan didapatkan dari terpuruknya IHSG. Investor memang terlihat sangat panik dan memberikan tanggapan yang sangat berlebihan. Sebenarnya beberapa pakar ekonomi mengatakan bahwa para investor sebaiknya tidak bersikap sangat berlebihan.

Mereka itu diharapkan lebih bisa menjaga sikap dan melihat semuanya dengan lebih tenang. Dengan menyikapi dengan tenang maka semua hal akan bisa diselesaikan dengan lebih baik. Tidak semua pemilik saham memang terpuruk. Ada beberapa perusahaan saham yang sahamnya malah naik dengan kondisi yang seperti ini.

Pergerakan Saham IHSG

Lalu bagaimana sebenarnya pergerakan saham IHSG hari kemarin. Hari rabu, perdagangan IHSG ditutup dengan terpuruknya 2.17 persen. IHSG memang cenderung anjlok 90,557 poin dan berada di level 4.073,455. Dengan menurunnya IHSG selama beberapa hari memang membuat beberapa investor menjadi sangat khawatir. Apakah kekhawatiran mereka beralasan?

Beberapa pakar ekonomi dan perencana keuangan mengatakan bahwa sebenarnya IHSG yang cenderung turun selama beberapa hari ini sebenarnya masih dalam kondisi yang aman. Investor sebenarnya tak perlu khawatir karena penurunan ini masih berada pada tahap yang wajar. Investor banyak berfikir bahwa penurunan ini akan menyebabkan krisis seperti tahun 2008. Kondisi IHSG sekarang masih aman dan belum akan masuk pada masa krisis.

Analis keuangan juga mengatakan kalau investor sangat diharapkan untuk memberikan tanggapan yang sewajarnya saja. Investor dianggap sangat lebay ketika IHSG mendadak turun. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika IHSG turun atau anjlok. Dengan adanya keadaan seperti ini sebenarnya investor malahan bisa menambah portfolio investasi mereka menjadi lebih baik.

 1.c IHSG Terpuruk, Tak Perlu Tanggapi Berlebihan

Strategi Investor

Ketika IHSG anjlok, ada beberapa saham yang dijual sangat murah. Ini menjadi waktu yang tepat untuk membeli saham dari perusahaan yang dianggap memang sangat baik. Harga saham yang murah tentu akan membuat Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi semua investor asalkan mereka bisa memilah saham yang menguntungkan dan tidak.

Lalu bagaimana dengan kondisi IHSG di masa yang akan datang? Jika kita membandingkan kondisi IHSG saat ini dengan kondisi IHSG tahun 2008, memang masih jauh berbeda. Pada tahun 2008, IHSG turun sampai 60% dan ini sangat membahayakan bagi perekonomian waktu itu. Saat ini IHSG masih cenderung wajar dan masih bisa pulih dalam waktu 10 bulan ke depan.

Banyak contoh yang memang akan membuat investor menjadi lebih tenang. Bom JW Marriot yang terjadi dahulu juga pernah membuat IHSG menjadi turun dan anjlok, namun setelah 6 minggu naik kembali. IHSG saat ini juga baru turun sekitar 20% sehingga investor diharapkan tidak lebay dan tetap lebih tenang. Masyarakat juga tidak perlu menanggapi secara berlebihan.

1.d IHSG Terpuruk, Tak Perlu Tanggapi Berlebihan

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *