Teropong Bisnis | Homepage
IHSG Masuk Jalur Merah, Utang RI Melambung

IHSG Masuk Jalur Merah, Utang RI Melambung

0 Comments 🕔26.Aug 2013

Dunia perekonomian dalam negeri maupun kawasan Asia memang sedang melambat. Semua ini membuat transaksi dan harga beberapa elektronik di dalam negeri melambung tinggi. Sebenarnya bagaimana pergerakan saham IHSG sendiri? Beberapa hari ini memang IHSG mengalami penurunan. Bahkan telah mengalami penurunan yang sangat drastis dan ini sangat mengkhawatirkan.

IHSG sendiri bisa menjadi indikator bagaimana sebenarnya keadaan ekonomi Indonesia serta bsia menentukan sikap beberapa investor asing terhadap saham dalam negeri sendiri. Pemerintah saat ini memang sedang mengusahakan perbaikan karena kondisi yang terus melemah tentu saja akan membuat perekonomian Indonesia semakin terpuruk.

Saham Cenderung Anjlok

Ternyata Indonesia tak hanya sendiri, hampir semua saham-saham di Asia juga berjalan di rute merah alias sedang berada di zona yang tak aman. Pergerakan saham Asia yang melemah memang selalu berdampak bagi IHSG Indonesia sendiri. IHSG kemarin dibuka dengan penurunan 88,03 atau sekitar 2,09% yang membuatnya menjadi 4.130,42.

Bagaimana dengan saham –saham lainnya? Indeks Hang Seng sendiri juga mengalami penurunan drastis yakni sekitar 42,56 poin dan menjadi 21.775,17. Untuk indeks Nikkei, malahan naik menguat sekitar 83,56 poin menjadi 13.340,77. Saham lainnya yakni Straits Times ikut melemah sekitar 34,68 poin dan menjadi 3.074,31. Untuk indeks LQ45 mengalami pelemahan juga sekitar 2.5% dan harus ditutup dengan 678,55.

Beberapa saham lainnya juga mengalami penurunan. Hampir semua mengalami penurunan dan ini memang dikarenakan stimulus AS yang sampai sekarang juga belum dipastikan akan diteruskan atau tidak. Rencananya memang AS sendiri akan secepatnya menentukan sikap apakah akan melanjutkan program stimulus ini atau tidak. Sebaiknya memang diumumkan agar ekonomi di Asia bisa merangkak naik lagi.

Pakar Skeptis IHSG Akan Mendapatkan Peningkatan 2

Pergerakan IHSG Terbaru

Lalu bagaimana dengan pergerakan IHSG hari ini? Hari ini memang terjadi beberapa saham yang menguat. Ada sekitar 13 saham yang menguat dan sebanyak 151 saham mengalami penurunan. Dan sisanya , sekitar 36 saham berada di posisi yang sama tidak mengalami pergerakan. Sampai sekarang ini sudah ada sekitar Rp 307,54 miliar saham yang diperdagangkan.

Sektor seperti konsumsi, keuangan, dan juga properti cenderung mengalami penurunan yang cukup besar. Sektor lainnya misalnya manufaktur, tambang, perkebunan dan perdagangan sendiri mengalami penurunan sekitar 1 persen.Perusahaan atau saham yang masuk menjadi saham-saham favorit dan sukses hari ini adalah PT Indo Tambangraya Megah, PT Semen Indonesia dan juga PT Indofood.

Beberapa saham yang terpuruk adalah saham-saham milik PT Unilever Indonesia Tbk, PT. Matahari Department Store Tbk, dan PT Astra Agro Lestari Tbk. Diharapkan pergerakan saham akan segera pulih. Rupiah juga semakin melemah hari ini dan ini membutuhkan langkah cepat dari pemerintah. Jika hal ini tidak segera diselesaikan, maka utang Negara RI ini akan terus meroket dan semakin membebani rakyat.

66.c IHSG Masuk Jalur Merah, Utang RI Melambung

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *