Teropong Bisnis | Homepage
IHSG dan Jokowi

IHSG dan Jokowi

0 Comments 🕔16.Mar 2014

IHSG ditutup menguat, Jumat lalu. Apakah penyebabnya? Bukan karena aksi para pelaku pasar, tetapi karena pengumuman pencapresan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) oleh PDIP.

IHSG tercatat menguat 152,476 poin (3,23%) dan berada di level 4.878,643. Hal ini juga mempengaruhi nilai tukar Rupiah yang melejit, dari Rp. 11.400 menuju Rp. 11.255.

Kepala Riset Bahan Securities Harry Su mengungkapkan, para pelaku pasar memang menunggu kabar ini. Hal ini tampak dari pergerakan IHSG dari minus 1% pada Jumat pagi, dan naik menjadi positif 3% pada Jumat malam.

Menurut Harry, Jokowi dipandang masyarakat sebagai seorang pemimpin yang kuat. Selain itu, beliau juga mendapatkan dukungan banyak masyarakat, khususnya lapisan bawah. Kepemimpinannya yang bersih juga dipercaya pelaku pasar mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Tetapi, mungkin satu hal yang menjadi penyebab utama hal ini adalah perkembangan kota Jakarta. Tercatat, perkembangan ekonomi kota Jakarta, sejak dipimpin Jokowi sangatlah bagus. Pada tahun 2012, pendapatan pajak DKI mencapai Rp. 36 triliun. Dan, pada tahun 2013, jumlah ini naik hampir dua kali lipat menjadi Rp. 70 triliun.

artikel ekonomi, nilai tukar rupiah, jokowi, ihsg, ekonomi

Hasil ini sangatlah jarang terjadi pada suatu kota yang menjadi ibu kota negara. Dan, ternyata, Jokowi mampu melakukannya. Pelaku pasar berpendapat, bila hal ini dapat dilakukan pada negara Indonesia, maka hasilnya tentu akan sangat baik. Dan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melaju dengan pesat.

Memang, pengumuman pencapresan Jokowi bukan berarti Jokowi yang akan terpilih menjadi Presiden pada Pemilu tahun ini. Akan tetapi, banyak pelaku pasar yakin, bahwa Jokowi akan menang. Hal ini berdasarkan dukungan yang sangat besar pada Jokowi.

Selain itu, saham-saham blue chip seperti Bank Mandiri dan BRI juga mendapatkan efek dari pencapresan Jokowi ini. Saham-saham ini bahkan naik double digit. Menurut Harry, hal ini disebabkan adanya aksi beli besar-besaran dari pelaku pasar, karena adanya pengumuman ini.

Dengan keadaan ini, bagaimana kondisi IHSG dan nilai tukar Rupiah di masa mendatang? Menurut Harry, prediksi Bahana menilai bahwa IHSG dapat mencapai level 5.000. Untuk nilai tukar Rupiah dapat mencapai Rp. 11.300 sebelum akhir 2014.

Tetapi, bukan berarti hal ini akan terus berlangsung baik. Akan ada aksi ambil untung dari pelaku pasar, berkaitan dengan perjalanan politik Jokowi ke depannya.

Pelaku pasar akan mengamati kebijakan yang akan dibuat Jokowi, bila terpilih nantinya. Selain itu, Wakil Presiden dan menteri-menteri yang mendampingi Jokowi dalam memerintah, juga berpengaruh.

Menurut Harry, Cawapres yang tepat untuk Jokowi sebaiknya berasal dari golongan militer. Hal ini melihat dari sejarah politik di Indonesia. Menurut sejarah, Presiden Indonesia yang berasal dari golongan sipil, hanya bertahan satu periode. Sehingga, Cawapres dari golongan militer diperlukan.

artikel ekonomi, nilai tukar rupiah, jokowi, ihsg, ekonomi

BACA JUGA:

Rupiah Melemah di Pasar China

Harap-Harap Cemas Menanti Orang Kedua The Fed

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *