Teropong Bisnis | Homepage
IHSG Alami Penurunan 10%

IHSG Alami Penurunan 10%

0 Comments 🕔22.Aug 2013

Ada berita buruk dari perekonomian Indonesia beberapa hari terakhir. Perekonomian Indonesia memang cenderung menurun drastis. Ini tentu sangat membahayakan bagi kita dan para investor. Banyak indikator yang memperlihatkan bahwa ekonomi Indonesia memang sedang berada di level yang sangat memprihatinkan. Bursa efek Indonesia memperlihatkan adanya penurunan IHSG dan ini tanda yang buruk.

Indeks Harga Sahan Gabungan (IHSG) turun sampai 10%. Ini artinya IHSG ini dinyatakan dalam kondisi yang bahaya. Banyak pakar mengatakan bahwa penurunan saham hingga 10% dalam tiga hari berturut-turut sebenarnya harus disikapi secara serius. Semua harus mengantisipasi semua hal yang tentunya akan membahayakan ekonomi Indonesia.

ihsgg

Pergerakan IHSG Minggu Ini

Kita tentu harus melihat pergerakan IHSG dalam beberapa hari ini. Diawali dengan awal minggu ini, IHSG telah ditutup dengan angka yang sangat rendah dan cenderung melemah sekitar  255,14 poin atau turun 5,58% dan akhirnya ditutup dengan poin 4.313,51. Bagaimana dengan hari selanjutnya? Ternyata kondisi ini masih berlangsung.

Pada hari selanjutnya yakni tanggal 20 Agustus, IHSG juga cenderung menurun walaupun ada nilai melemahnya cenderung berkurang. IHSG pada hariitu dipantau turun sekitar 138,54 poin dan ini berarti penurunannya hanya 3,21%. Akhirnya IHSG ditutup dengan angka 4.174,98. Keadaan ini masih berlanjut sampai hari Rabu.

Kemarin, IHSG memang mengalami kenaikan sebesar 43,47 atau ada kenaikan sebesar 1.04%. IHSG beranjak naik ke 4.218. Namun hal ini masih belum cukup untuk membuat IHSG berada di level kuat. Sepertinya harus ada stimulus yang membuat kondisi saham kita menjadi lebih kuat. Selain itu keadaan dalam negeri juga harus stabil.

ihsg turun

Pergerakan Rupiah

Kondisi rupiah juga tak jauh berbeda. Rupiah memang melemah dan terus melemah. Ini juga menjadi pertand serius yang memang harus dipikirkan secara matang. Kalau tidak, maka kondisi ekonomi Indonesia semakin lama akan semakin parah. Kemarin rupiah memang berada di level yang terendah selama kurun waktu 4 tahun terakhir ini.

Pada hari 21 Agustus, rupiah mencapai level paling rendah dan berada di kisaran Rp 11.001 USD. Pergerakan rupiah ini memang cenderung melemah dari hari ke hari. Namun pagi ini, rupiah sudah berada di kisaran Rp 10.986. Investor masih banyak yang tidak mau ambil resiko dengan terus mempertahankan sahamnya.

The Fed sepertinya masih menjadi hal yang sangat berpengaruh pada semua kondisi saham di banyak Negara terutama Negara Asia. Stimulus yang akan dihentikan tentu saja akan mempengaruhi saham-saham dan investor untuk masuk ke pasar saham Asia. Ini akan berbahaya jika pemerintah dalam negeri tidak mulai memikirkan solusinya.

Pemerintah memang sedang menggenjot investasi dalam negeri sebagai solusi dari kian terpuruknya saham dan juga rupiah saat ini. Semoga saja dengan kebijakan investasi dalam negeri, nilai saham dan rupiah akan merangkak naik. Pemerintah juga harus memikirkan bagaimana cara menstabilkan harga kebutuhan dalam negeri.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *