Teropong Bisnis | Homepage
Harga Rumah yang Paling Mahal Ada di Kota Mana?

Harga Rumah yang Paling Mahal Ada di Kota Mana?

0 Comments 🕔28.Aug 2013

Harga perumahan dari hari ke hari semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh semakin tingginya permintaan akan rumah bahkan di seluruh Indonesia. Namun, ada dua kota yang mengalami peningkatan harga rumah paling tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Kedua kota tersebut adalah Surabaya yang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Timur, dan Manado yang merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

Mungkin Anda mengira bahwa kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, atau Yogyakarta mengalami kenaikan harga rumah yang paling tinggi. Namun pada kenyataannya Surabaya dan Manado lah yang memegang rekor peningkatan harga rumah yang sangat signifikan hingga 10%. Harga rumah yang mengalami peningkatan harga, sebagian besar didominasi oleh perumahan kelas menengah. Sedangkan untuk rumah mewah atau rumah kelas atas di Manado, harga rumah meningkat hingga 21,78%.

Data ini diperoleh melalui hasil survei yang diselenggarakan oleh Harga Properti Residensial Bank Indonesia. mengapa Manado menjadi kota utama yang mengalami peningkatan harga rumah yang paling tinggi? Menurut data yang diperoleh melalui survei, hal ini diakibatkan karena pertumbuhan perekonomian yang semakin meningkat di Manado.

hargarumahpalingmahal2

Penyebab Naiknya Harga Rumah

Banyak faktor yang menyebabkan harga rumah di seluruh Indonesia semakin meningkat antara lain dampak kenaikan harga bahan bakar minyak, kenaikan upah buruh bangunan, dan kenaikan bahan baku bangunan. Kenaikkan harga bahan bakar minyak menyumbang 23,18% dari kenaikan harga rumah. Kenaikkan upah buruh menyumbang 20,16% dari kenaikkan harga rumah. Kenaikkan harga bahan baku bangunan menyumbang 31,69% dari harga rumah.

Inilah faktor-faktor utama kenaikkan harga rumah bukan hanya di Manado atau Surabaya, namun juga di seluruh wilayah Indonesia. Namun kenaikkan ini semakin mendorong meningkatnya kebutuhan masyarakat akan perumahan. Data ini mengacu pada survei yang dilakukan di triwulan pertama tahun 2013. Sampel penelitian adalah para pengembang perumahan/properti di 12 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Manado, Yogyakarta, Palembang, Bandar Lampung, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Bandung, dan Semarang. Survei dilakukan setiap triwulan dan dilakukan oleh Bank Indonesia.

Tipe Rumah yang Paling Banyak Dicari

Kenaikkan harga rumah hampir di seluruh wilayah Indonesia memang disebabkan oleh kebutuhan akan perumahan itu sendiri. Lalu tipe-tipe rumah apa saja yang paling banyak diburu menurut data yang diperoleh oleh Bank Indonesia? Menurut data yang diperoleh Bank Indonesia melalui survei di beberapa kota di Indonesia seiring dengan meningkatnya harga rumah, permintaan terhadap rumah tipe menengah dan tipe kecil semakin meningkat pula.

Kedua tipe rumah ini menjadi dua primadona utama permintaan rumah di Indonesia. Selisih persentase peningkatan harga rumah antara tipe rumah menengah dan kecil pun cukup tipis yaitu 23,47% untuk rumah tipe menengah dan 23,43% untuk rumah tipe kecil.

hargarumahpalingmahal3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *