Teropong Bisnis | Homepage
Harga Minyak Mentah Merangkak Naik Seiring Kacaunya Situasi AS

Harga Minyak Mentah Merangkak Naik Seiring Kacaunya Situasi AS

0 Comments 🕔12.Jan 2014

Minyak menjadi salah satu komoditi paling berharga di dunia. Dapat dikatakan, minyak menjadi penggerak roda industri dan bisnis dunia. Tanpa minyak, maka banyak perusahaan dan pabrik yang tidak dapat beroperasi.

Amerika Serikat (AS) sebagai negara pengguna minyak terbesar di dunia, rupanya turut serta dalam menentukan harga minyak mentah yang beredar di pasar. Sabtu pagi 11 Januari 2014, harga minyak tercatat naik saat penutupan perdagangan untuk pekan ini. Dan, AS menjadi salah satu penyebab terjadinya kenaikan harga ini.

Salah satu hal yang menyebabkan naiknya harga minyak adalah data pekerjaan AS ternyata lebih buruk dari perkiraan pelaku pasar. Sebenarnya, data pekerjaan AS ini akan menjadi pereda kekhawatiran pasar akan kebijakan The Fed yang akan menarik stimulus moneternya.

Seperti yang dilansir oleh Departemen Tenaga Kerja AS, ada penambahan 74 ribu lapangan pekerjaan pada Desember tahun lalu. Jumlah ini dapat dikatakan jumlah yang sangat sedikit dalam tiga tahun.

Meskipun data pengangguran di AS menurun dari 7% pada bulan November menjadi 6,7% pada bulan Desember, akan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi kekhawatiran pasar akan nilai dollar AS di pasar. Selain itu, lapangan pekerjaan yang tercatat juga jauh dari prediksi ekonom. Para ekonom sempat memprediksi bahwa AS akan mempunyai sekitar 200 ribu lapangan pekerjaan, setelah berhasil pulih dari krisis 2008 dan masalah di pemerintahan AS, pertengahan tahun lalu.

Xinhua merilis, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik menjadi US$ 92,72 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga ini tercatat untuk pengiriman bulan Februari minyak mentah jenis ini.

harga minyak, minyak mentah, ekonomi, ekonomi AS

Selain itu, minyak jenis lain juga mengalami kenaikan harga. Salah satunya adalah minyak mentah jenis Brent. Minyak mentah jenis ini mengalami kenaikan sebesar US$ 86 sen menjadi US$ 107,25 per barel untuk pengiriman bulan Februari.

Dengan adanya kenaikan harga minyak mentah dunia ini, dipastikan Indonesia juga akan terkena dampaknya. Seperti yang kita tahu, impor minyak negara kita masih cukup tinggi. Dan, hal ini sangat berpengaruh pada tingkat inflasi negara Indonesia. Bila Pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk mengatasi hal ini, maka bisa dipastikan, 2014 laju inflasi Indonesia akan semakin meninggi.

Di lain sisi, kebijakan penarikan stimulus moneter oleh The Fed juga masih menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tren negatif terhadap pasar AS. The Fed sendiri mengumumkan akan mengurangi pembelian obligasi bulanan menjadi US$ 75 milar dari US$ 85 miliar sebelumnya. Hal ini bergantung pada kecepatan penciptaan lapangan pekerjaan baru.

Karena hal diatas pula, tekanan pada dollar AS semakin mengecil. Hasilnya, harga minyak mentah dunia yang dibeli dengan dollar AS semakin naik. Yang paling diuntungkan dari hal ini adalah negara-negara yang menggunakan mata uang lain untuk pembelian minyak mentah. Mereka mendapatkan harga yang lebih murah dan menyebabkan permintaan akan minyak mentah naik.

harga minyak, minyak mentah, ekonomi, ekonomi AS

BACA JUGA:

Janet Yellen, Yang Pertama Di The Fed Dalam 100 Tahun

IHSG Diam, Meskipun Ada Aturan Lot Baru

 

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *