Teropong Bisnis | Homepage
Harga Emas Tenggelam Mendekati Dasar

Harga Emas Tenggelam Mendekati Dasar

0 Comments 🕔30.Mar 2014

Tanggal 31 Januari yang lalu dapat dikatakan momen kebangkitan komoditas emas. Emas bagaikan kacang goreng yang diserbu oleh banyak pembeli. Hal ini mengakibatkan harga emas kala itu naik. Dan, kenaikan ini sempat menggoncang Amerika Serikat (AS) yang pertumbuhan ekonominya tidak sesuai dengan harapan.

Sayangnya, pekan ini, kondisi tersebut terbalik 180 derajat. Harga emas melemah untuk pertama kalinya sejak tercatat mencapai harga tertinggi pada pertengahan Februari lalu.

Ada beberapa hal yang menyebabkan melemahnya harga emas. Salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi AS yang membaik. Tercatat pada kuartal IV, pertumbuhan ekonomi AS mengalami peningkatan. Tingkat pengangguran pada pekan lalu juga tercatat menjadi yang terendah dalam empat bulan terakhir.

Membaiknya ekonomi AS ini juga jauh dari perkiraan. Hal ini pula yang menyebabkan emas menjadi tidak menarik lagi. Anda dapat melihatnya dari meningkatnya aksi jual untuk komoditas emas pada pekan ini.

harga, emas, tenggelam, ekonomi, dasar

Dengan menguatnya dollar AS dan juga membaiknya pertumbuhan ekonomi AS, maka nilai emas bergerak turun di level USD1.300 per troy ons. Hal ini juga didukung dengan pelemahan teknis karena menurunnya nilai emas bentuk bullion. Selain itu, kondisi psikologis pelaku pasar juga terpengaruh karena hal ini.

Kepala analis logam mulia di komoditas Chicago Alliance Financial LLC, Frank McGhee mengatakan harga emas turun drastis setelah adanya laporan GDP. Laporan ini juga didukung oleh data dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal II dan III yang meningkat tajam.

Perubahan harga emas yang paling mencolok tampak pada emas jenis Spot. Untuk emas jenis Spot, nilainya turun sebesar 0,9 persen atau USD11,93. Dengan penurunan ini, harga emas jenis ini menjadi USD1.291,56 per troy ons.

Harga emas jenis Spot bahkan tercatat pada level terendah pada level USD1.288,80. Data ini adalah level terendah emas jenis ini pada enam minggu terakhir.

Selain emas Spot, emas berjangka AS juga mengalami penurunan. Untuk pengiriman April, terjadi penurunan sebesar 0,7 persen atau USD8,70. Harga emas jenis ini saat ini menjadi USD1.294,70 per troy ons.

Penurunan harga emas ini memicu banyak dampak. Tampak pada volume perdagangan emas yang meningkat sebesar 65 persen diatas rata-rata 30 hari perdagangan. Hal ini dipicu oleh rollover April-Juni menjelang kontrak April.

Selain itu, komoditas emas SPDR Gold Trust juga mengalami penurunan di bursa emas. Bahkan penurunan ini terjadi secara berturut-turut pada sesi kedua. Penurunan yang tercatat sebesar 1,8 ton menjadi 816,97 ton pada hari Rabu.

Selain harga emas, harga komoditas lain juga tercata mengalami penurunan. Yang pertama adalah Platinum. Platinum mengalami penurunan sebesar 0,4 persen menuju ke level USD1.396 per troy ons.

Selain itu, Paladium juga mengalami penurunan. Penurunan yang terjadi sebesar 2,7 persen menuju ke level USD754,75 per troy ons. Penurunan ini terjadi karena banyak investor melakukan aksi ambil untung pada rally beberapa waktu yang lalu. Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran menipisnya pasokan logam ini di Afrika Selatan.

 harga, emas, tenggelam, ekonomi, dasar

BACA JUGA:

Kerugian Fantastis yang Dialami Layanan Penerbangan Malaysia Airlines

Bukan April Mop, 1 April Tarif Airport Tax Akan Naik

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *