Teropong Bisnis | Homepage
Harga Emas Mulai Merangkak Perlahan

Harga Emas Mulai Merangkak Perlahan

0 Comments 🕔30.Dec 2013

Bagaimana kabar harga emas di tengah kondisi yang seperti sekarang ini? Untungnya, ada kabar melegakan untuk produk logam mulia ini. Pasalnya, ada peningkatan harga emas khususnya produk emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange. Memang, angka kenaikannya belum terlalu signifikan namun hal ini lebih baik dibandingkan beberapa waktu yang lalu.

Perlu diketahui bahwa harga emas beberapa waktu lalu sempat terpuruk. Namun, pekan ini harga emas mulai merangkak naik. Tercatat, emas mengalami kenaikan mencapai 0.9%. Selain itu, kontral emas untuk pengiriman Februari 2014 mendatang juga naik. Kenaikan kontraktersebut mencapai 1.7 dollar AS atau 0.14%.

Dengan kenaikan ini maka kontrak emas untuk pengiriman bulan Februari mendatang menjadi 1.214 dollar AS per troy once. Beberapa hari ini harga logam mulia ini juga masih fluktuatif dengan rentang yang sangat tipis. Di sisi lain, permintaan emas dari investor cenderung menurun. Hal ini disebabkan karena investor sudah melihat adanya perbaikan dari sektor ekonomi.

Peningkatan justru terjadi dari konsumen khususnya saat harga emas sempat terus menurun beberapa waktu yang lalu. Sayangnya, saat ditanya justru para analis tidak bisa memprediksi harga emas untuk tahun 2014 mendatang. Memang sangat wajar jika analis masih belum bisa memprediksinya karena terkait dengan rencana Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed.

harga emas

Menurut rencana, The Fed akan mengurangi kucuran stimulus mulai 1 Januari 2014 mendatang. Namun, jika hal ini sampai dilakukan oleh pihak The Fed maka diperkirakan harga emas akan melorot hingga 1.100 dollar AS per troy once bahkan di bawah level tersebut di Januari 2014. Pemicu lain melorotnya harga emas dunia adalah karena bursa emas di Amerika mulai kembali bergairah atau sedang dalam keadaan bullish.

Dengan kondisi bursa Amerika yang kembali bergairah semacam itu, maka prospek pertumbuhan ekonomi semakin membaik sehingga suku bunga juga akan kembali seperti sedia kala. Hal serupa juga terjadi pada harga perak. Pada perdagangan akhir pekan ini, harga perak kembali meningkat.

Untuk pengiriman perak pada bulan Maret 2014 harga perak meningkat 13.3 sen atau 0.67% menjadi 20.049 dollar AS per troy ounce. Selain emas dan perak, harga platina juga berada pada posisi yang membaik. Sebagai contoh, untuk pengiriman platina pada bulan April 2014 mendatang harganya sudah melonjak menjadi 1.378.9 dollar AS per troy ounce.

Itu artinya, harga platina mengalami penguatan sekitar 15.1 dollar AS atau sekitar 1.11% dari harga periode sebelumnya. Tentu saja ini menjadi kabar baik dibandingkan dengna kondisi emas di periode-periode sebelumnya. Di awal periode perdagangan emas saja, harga emas sudah anjlok sekitar Rp. 2.000 yaitu menjadi Rp. 526.000.

harga emas

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *