Teropong Bisnis | Homepage
Harga Emas Antam Turun, Waktunya Menyerbu

Harga Emas Antam Turun, Waktunya Menyerbu

0 Comments 🕔20.Sep 2013

Beberapa hari yang lalu diberitakan bahwa harga emas Antam batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang mengalami penurunan harga. Emas batangan dihargai Rp.532.000 per gram yang berarti turun Rp.7.000 per gram dibanding minggu sebelumnya yang ada dikisaran Rp. 539.000 per gram. Penurunan harga ini tentu saja membuat gembira orang-orang yang ingin membeli emas.

 

Di Ibukota, emas dijual dengan dalam kisaran yang lebih rendah yaitu Rp. 492.000 sampai Rp. 532.000 per gram. Sementara itu harga jual kembali emas turun Rp. 14.000 per gram, menjadi Rp. 473.000 per gram. Sementara itu emas batangan Antam bervariasi menurut berat satuannya. Emas batangan dalam berbagai berat satuan dijual bervariasi dengan harga Rp. 503.000 per gram (satuan 5 gram) sampai Rp. 492.000 per gram (satuan 500 gram)

 

Namun harga emas Antam ini tidak bisa stabil dalam waktu lama, hari ini dilaporkan bahwa emas batangan produksi Aneka Tambang mengalami kenaikan harga sebesar Rp.24.000 per gram dan membuat harga emas batangan per gram menjadi Rp. 549.000. harga ini seperti yang tercatat dalam web resmi LogamMulia.com hari ini (19/9). Sementara itu harga jual kembali juga naik sebesar Rp.15.000 per gram menjadi Rp. 479.000 per gram.

 

Hal ini membuat mahal kembali harga emas batangan di pasaran. Harga yang berlaku dipasaran untuk emas batangan Antam adalah satuan batangan 1 gram Rp 549.000 per gram, batangan 5 gram Rp 520.000 per gram, batangan 50 gram Rp 511.000 per gram, batangan 100 gram Rp 510.500 per gram batangan 250 gram Rp 510.000 per gram dan batangan 500 gram Rp 509.600 per gram.

 

Naik turunnya harga emas ini sangat tidak bisa diprediksi karena berkaitan erat dengan banyak faktor diantaranya perubahan kurs dolar Amerika. Biasanya jika Dolar melemah maka harga emas dunia cenderung naik dan ini berlaku juga di Indonesia. Apalagi beberapa saat yang lalu nilai tukar dolar terhadap rupiah juga fluktuatif sehingga juga mempengaruhi harga emas, naik dan turun.

 

Faktor lain yang berpengaruh terhadap harga emas batangan Antam adalah situasi politik dunia. Beberapa minggu terakhir, politik dunia sedang dipanaskan dengan kondisi perang saudara di Suriah dan Mesir. Mau tidak mau harga emas dunia, termasuk Antam juga terpengaruh sangat signifikan. Hal ini terutama karena campur tangan Amerika dan negara-negara maju lainnya di Suriah.

 

Faktor lain yang mempengaruhi harga emas Antam adalah jumlah suplai dan permintaan emas itu sendiri. Selain itu situasi ekonomi dalam negeri serta tingkat suku bunga juga sangat berpengaruh terhadap harga emas dalam negeri. Oleh sebab itu, jika hendak membeli emas untuk investasi harus hati-hati membaca pasar agar jangan sampai rugi dimasa depan.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *