Teropong Bisnis | Homepage
Harap-Harap Cemas Menanti Orang Kedua The Fed

Harap-Harap Cemas Menanti Orang Kedua The Fed

0 Comments 🕔15.Mar 2014

Bank Sentral AS, Federal Reserve atau dikenal dengan sebutan The Fed, sempat membuat kebijakan yang mengejutkan dunia. The Fed berencana untuk menarik stimulus moneter yang mereka keluarkan. Dan, orang yang berada dibalik kebijakan ini adalah Janet Yellen, yang menjadi pengganti Ben Bernanke sebagai gubernur The Fed.

Kini, dunia juga menanti keputusan terbaru dari kongres AS. Setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, menunjuk Janet Yellen, kini wakil gubernur The Fed akan segera ditentukan.

Ada 3 tokoh ekonom AS yang menjadi kandidat kuat. Mereka adalah Stanley Fischer, Jerome Powell dan Lael Brainard. Presiden Obama saat ini sedang menyeleksi mereka untuk menduduki jabatan wakil gubernur The Fed.

ekonomi, the fed, manajemen keuangan, bank sentral as, federal reserve

Ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh pemerintah AS mengenai posisi ini. Salah satunya adalah pandangan ketiga tokoh ini mengenai kondisi ekonomi AS. Tiap tokoh yang menjadi kandidat menyampaikan pendapat mereka mengenai hal ini.

Menurut Fischer, kebijakan The Fed yang akan menarik stimulus moneter sangat tepat. Dia juga mendukung penerapan kebijakan ini secepatnya agar terjadi stabilitas dalam keuangan The Fed. Fischer mengungkapkan, membaiknya kondisi harga dan tenaga kerja saat ini menjadi landasan kuat terhadap dukungan yang dia sampaikan.

Selain itu, dalam event yang diadakan di Senate Banking Committee tersebut, Fischer juga mengungkapkan beberapa data tentang kondisi AS saat ini. Menurutnya, tingkat pengangguran yang tercatat pada bulan Februari masih terlalu tinggi. Data yang tercatat yaitu 6,7%.

Meskipun begitu, laju inflasi berada di bawah acuan yang sudah ditetapkan oleh The Fed. Pada bulan Februari tahun ini, laju inflasi AS mencapai 2%.

Krisis finansial juga menjadi salah satu hal yang dibahas Fischer. Dia mengungkapkan bahwa krisis yang terjadi beberapa waktu yang lalu membuka matanya. Dia menemukan bahwa The Fed bertanggung jawab akan banyak hal. Salah satunya adalah penjaga stabilitas sistem keuangan AS.

Selain Fischer, 2 kandidat lain juga hadir pada acara tersebut. Dan, mereka juga mengungkapkan pendapat masing-masing mengenai topik yang dibicarakan.

Menurut Powell, kebijakan moneter The Fed harus mempunyai dasar sebagai penyedia dukungan bagi pihak yang membutuhkan. Selain itu, penerapan kebijakan ini juga harus seimbang. Kebijakan ini tidak boleh mengganggu stabilitas finansial negara. Dan, penerapannya tidak boleh meningkatkan laju inflasi AS.

Dan, menurut kandidat terakhir, Brainard, kebijakan The Fed harus segera dilakukan. Dan, kebijakan ini harus mampu meningkatkan stabilitas harga barang dan jumlah tenaga kerja.

Para senator yang hadir pada acara ini tidak membantah pendapat dari masing-masing kandidat. Mereka akan menelaah lebih jauh dan akan mengumumkan hasil keputusan secepatnya. Yang pasti, ketiga kandidat ini akan menjadi bagian dari sejarah The Fed dengan salah satu kebijakan paling ekstrim yang pernah diambil.

ekonomi, the fed, manajemen keuangan, bank sentral as, federal reserve

BACA JUGA:

Yang Baru dan Menarik dari Penawaran Surat Obligasi BCA Finance

Reaksi Pemerintah AS Terhadap Bitcoin

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *