Teropong Bisnis | Homepage
Gres! Apakah Ini Awal Mula dari Bangkitnya Sistem Ekonomi Syariah

Gres! Apakah Ini Awal Mula dari Bangkitnya Sistem Ekonomi Syariah

0 Comments 🕔18.Nov 2013

Ada banyak jenis sistem ekonomi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah sistem ekonomi syariah. Sistem ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang mengambil konsep perekonomian agama Islam. Saat ini, sistem ini masih menjadi sistem kedua yang banyak dijalankan oleh lembaga dan banyak pihak.

Tampaknya, pemerintah akan mendukung perkembangan sistem ekonomi ini. Hal ini disampaikan Presiden SBY pada acara Pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah di Monas, Jakarta pada Minggu 17 November 2013. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliawan D. Hadad, Gubernur DKI Jakarta Jokowi, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan jajaran menteri Kabinet Indonesia barsatu II.

Pada acara ini, secara resmi, SBY mencanangkan Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) untuk mendukung perkembangan sistem ekonomi syariah di Indonesia. Dengan adanya gerakan ini, diharapkan sistem ekonomi Islami ini mampu berkembang di berbagai sektor di Indonesia, seperti perdagangan, perbankan, asuransi dan sektor-sektor penting lainnya.

Selain itu, SBY juga menyampaikan bahwa pencanangan gerakan sistem ekonomi syariah ini mempunyai tujuan lain. Gerakan ini dimasukkan dalam agenda nasional agar tercipta sistem ekonomi yang lebih adil untuk rakyat. Dan, ternyata, sistem ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2009.

Dengan adanya gerakan sistem ekonomi syariah ini, Indonesia berkesempatan besar untuk menjadi pusat keuangan syariah dunia. Menurut SBY, pencanangan ini juga sebagai perwujudan dari konsep dan esensi Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Ketua Umum Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES), Halim Alamsyah juga menambahkan beberapa hal. Menurutnya, ekonomi syariah akan membawa kemaslahatan ekonomi yang lebih baik kepada rakyat Indonesia.

Halim juga mengatakan, saat ini ekonomi syariah tidak hanya berkembang pesat pada sektor perbankan, seperti bank syariah yang banyak anda temui saat ini. Sistem ini juga masuk dalam bidang asuransi, dana pensiun, reksadana, sukuk dan pasar modal syariah. Bahkan, sistem ini juga mulai masuk pada sektor riil, hotel dan restoran.

Untuk mendukung perkembangan syariah ini, diperlukan juga sosialisasi yang cukup. Dengan adanya sosialisasi dan pendidikan mengenai sistem ekonomi syariah kepada masyarakat, maka mereka akan lebih mengerti keuntungan dari sistem ekonomi ini.

Gerakan Ekonomi Syariah yang dicanangkan oleh SBY juga bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk saling membantu dan menciptakan gaya hidup syariah di negara tercinta kita ini. Pencanangan gerakan ini tidak hanya akan dilaksanakan di Jakarta. Tetapi, rencananya, Gres! juga akan dilaksanakan di 24 kota di 16 provinsi.

Selain pemerintah, banyak juga pihak yang mendukung pencanangan Gres! ini. Ada BI dan 14 stakehoder yang menandatangani Gres piagam 17 Agustus, antara lain PKES, Dewan Syariah Nasional. Absindo, Asbisindo, ASIPINDO, FOZ, BWI, BASNAS, AASI, IAEI, HISSI, AHSIN, ISMI, dan juga Kemenag dan Kemenparekraf, DKI Jakarta.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *