Teropong Bisnis | Homepage
Golkar Di Belakang Prabowo, Nilai Tukar Rupiah Pun Merosot

Golkar Di Belakang Prabowo, Nilai Tukar Rupiah Pun Merosot

0 Comments 🕔21.May 2014

Beberapa hari yang lalu terjadi sentimen positif pada pasar modal Indonesia. Hal ini mengakibatkan nilai tukar Rupiah terkatrol naik. Bahkan penguatan ini menjadi penguatan terbesar di Asia pada perdagangan beberapa hari yang lalu.

Salah satu penyebab naiknya nilai tukar Rupiah ini adalah kabar terbaru dari dunia politik. Setelah Jokowi dan JK mengumumkan untuk maju berpasangan di Pemilu Presiden mendatang, efeknya terasa hingga pasar modal Indonesia. Banyak investor merasa gembira dan lega setelah adanya kabar ini.

Namun, Selasa 20 Mei 2014, terjadi hal yang sebaliknya. Nilai tukar Rupiah mengalami pelemahan. Hal ini terjadi karena kabar dukungan Partai Golongan Karya (Golkar) terhadap Prabowo Subianto, Capres Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerinda). Prabowo menjadi saingan Jokowi dalam perebutan kursi Presiden pada Pemilu mendatang.

Pelamahan ini membuat nilai tukar Rupiah berada pada level Rp. 11.400 per dollar AS. Kurs Referensi Jakarta Interbank Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia juga menunjukkan hal ini. Rupiah terkoreksi sebesar 90 poin dari level sebelumnya yang berada di Rp. 11.351 per dollar AS.

Bloomberg juga merilis data kurs valuta asing (Valas) yang menggambarkan hal yang sama. Bahkan, menurut Bloomberg, pelemahan Rupiah ini akan berlanjut. Menurut data mereka, Rupiah tercatat dibuka pada level Rp. 11.443 per dollar AS.

Fluktuasi nilai tukar Rupiah ini juga terjadi pada perdagangan siang kemarin. Meskipun begitu, pelemahan dan penguatan tidak terjadi secara signifikan. Nilai tukar Rupiah hanya menguat tipis pada level Rp. 11.430 per dollar AS pada perdagangan pukul 8.59 waktu Jakarta. Hingga pukul 10.43 kemarin, Rupiah masih berada di level Rp. 11.430 hingga Rp. 11.451 per dollar AS.

Menurut data dar riset yang dilakukan Samuel Sekuritas Indonesia, dunia politik masih sangat berpengaruh pada nilai tukar Rupiah. Hal ini terlihat pada beberapa sentimen positif maupun negatif yang muncul setelah adanya kabar dari dunia politik, khususnya mengenai koalisi dan Pemilu Presiden mendatang. Menurut data ini, pelemahan ini juga masih akan berlanjut beberapa pekan mendatang.

Menurut Rangga Cipta, ekonom dari Samuel Sekuritas, kejutan politik belum berakhir. Oleh karena itu, para investor harus tetap waspada atas apa yang akan muncul. Karena, sudah terbukti bahwa apa yang terjadi di dunia politik dapat mempengaruhi keadaan pasar modal Indonesia. Seperti yang terjadi saat Partai Golkar memutuskan dukungan yang diberikannya kemarin.

Meskipun adanya pergerakan nilai tukar Rupiah karena kabar dari dunia politik, akan tetapi hal ini berlaku sementara. Bila Presiden sudah terpilih pada Pemilu mendatang, maka diperkirakan, nilai tukar Rupiah akan dapat membaik. Syaratnya tentunya adalah kebijakan yang akan dibuat Pemerintah yang baru mendatang. Bila mereka mampu membuat kebijakan yang tepat, perbaikan kondisi perekonomian Indonesia akan dapat terlaksana lebih cepat.

golkar, prabowo, nilai tukar rupiah, managemen keuangan, info saham

BACA JUGA:

Jokowi-JK Muncul, Pasar Modal Indonesia Melejit

Pemicu Menurunnya Bursa Saham Amerika Serikat

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *