Teropong Bisnis | Homepage
Diskusi UMKM CEO Perusahan Besar dengan Anak Muda di APEC 2013

Diskusi UMKM CEO Perusahan Besar dengan Anak Muda di APEC 2013

0 Comments 🕔06.Oct 2013

Salah satu topik yang dibahas di APEC 2013 kali ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pada event ini, pengusaha-pengusaha yang sudah sukses didunia bisnis berdiskusi dengan anak-anak muda se-Asia Pasifik mengenai UMKM ini.

Acara ini diadakan di Hotel Ayana, Jimbaran. Syarief Hasan, Menteri Koperasi dan UKM Indonesia membuka acara ini dan juga ada sambutan dari APEC SMEE Summit 2013 Committee Chair & Vice Chair, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM dan Koperasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Erwin Aksa dan Chairman McKinsey & Company Indonesia Raoul Oberman.

Erwin Aksa sendiri mengungkapkan kepuasannya karena diadakan acara ini. Dia berkata, UMKM adalah hal penting yang perlu dimasukkan pada event sebesar ini. Pada APEC 2013 kali ini, mereka membahas bagaimana cara membentuk dan merancang UMKM Indonesia dan Asia Pasifik yang sukses.

Selain itu, Erwin juga menambahkan diperlukan adanya solusi, terutama dalam hal regulasi yang mengatur UMKM ini. Hal ini diperlukan agar UMKM dapat maju dan berkembang.

Menurut Erwin, UMKM sangat diperlukan oleh anak muda. UMKM tidak hanya dapat memberikan keuntungan berupa uang. Tetapi, disinilah para anak muda mendapatkan pengalaman yang berharga.

Jadi, kita tidak hanya perlu memperhatikan modal dan uang dalam UMKM. Pengalaman yang bisa didapat dan keinginan terus belajar akan dapat membentuk usaha yang dipercaya oleh konsumen.

4.Diskusi UMKM CEO Perusahan Besar dengan Anak Muda di APEC 2013 1

UMKM juga menjadi bagian terbesar dunia ekonomi APEC, yaitu sebesar 90%. UMKM juga menyerap 60% dari tenaga kerja yang ada. Tapi, sayangnya, UMKM hanya menyumbang 30% disektor ekspor.

Sedangkan di Indonesia, UMKM menjadi kekuatan utama perekonomian nasional. 99,97% dunia usaha nasional diwakili UMKM yang mencapai 55,2 juta buah. UMKM Indonesia juga menyerap 97,3% tenaga kerja. Dan, UMKM Indonesia menyumbang 57,2% dari produk domestik bruto negara.

Pada pertemuan ini disampaikan juga adanya usaha SMEE & Entrepreneurship Working Group (SMEEWG)/Kelompok Kerja UMKM dan Kewirausahaan, ABAC untuk membuat UMKM model baru. Dengan teknologi internet, maka peluang UMKM untuk go internasional semakin besar. Dan juga, kelompok ini juga mempunyai tujuan untuk membantu permodalan UMKM.

Erwin menambahkan bahwa ABAC benar-benar mendukung berkembangnya UMKM ini. Selain dengan 2 hal diatas, ABAC juga membuat sistem monitoring yang dapat mengawasi bidang ini. Sehingga, bantuan akan mudah diberikan agara UMKM semakin berkembang.

Para anak muda yang hadir di acara ini sungguh beruntung. Mereka dapat bertemu dan berdiskusi dengan para tokoh bisnis yang sudah ternama, seperti Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot Suwondo, CEO Saratoga Capital Sandiaga Uno, Presiden Direktur Ciputra Surya Harun Hajadi, CEO Tinker Game, Muhammad Ajie Santika, Managing Director Endeavor Sati Rasuanto dan Ketua HIPMI Raja Sapta Oktohari.

umkm ceo

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *