Teropong Bisnis | Homepage
Dengar Saran Analis Soal IHSG

Dengar Saran Analis Soal IHSG

0 Comments 🕔06.Sep 2013

Tanpa diduga, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  terlihat anjlok kemarin . Kondisi ini timbul karena dipicu adanya isu seputar ekonomi Indonesia yang berkaitan dengan defisitnya neraca perdangan Indonesia, isu inflasi, dan melemahnya kurs rupiah terhadap dollar AS. Isu-isu ini kemudian berpengaruh terhadap sentimental negatif para pelaku pasar.

Pergerakan indeks juga akhirnya menurun drastis. Di sisi lain, beberapa waktu yang lalu muncul sentiment positif dari sektor manufaktur AS yang terlihat menguat seiring dengan beredarnya pengumuman data yang sama di Cina dan Eropa. Namun sayang, sentiment positif ini tak bertahan lama pasca munculnya spekulasi agresi militer AS terhadap Suriah. Agresi militer AS terhadap Suriah ini muncul setelah salah satu petinggi partai di AS mendukung ide Obama, Presiden AS, untuk segera melakukan aksi penyerangan terhadap Suriah  dengan dalih kepemilikan senjata kimia oleh Suriah.

Saran dari seorang Purwoko Santono

Purwoko Santono, seorang analis dari Panin  Sekuritas, memperkirakan indeks IHSG  masih terlihat bergerak fluktuatif serta berada di dalam lajur tekanan nilai mata uang rupiah yang kian hari kian melemah  dan ditambah lagi adanya faktor eksternal seperti rencana agresi militer AS terhadap Suriah. Perkiraan ini disampaikannya pada hari Kamis lalu tanggal 5 September 2013.

Laporan terakhir menunjukan pergerakan IHSG jatuh di antara level 4.060 – 4.150. Purwoko juga  memberikan rekomendasi soal saham-saham yang dimiliki emiten yang berpendapatan dollar AS untuk diawasi pergerakannya.  Katanya saham-saham ini terlihat aktif diperdagangkan.

5. Dengar Saran Analis Soal IHSG3

Saran dari seorang Christandi Rheza Mihardja

Analis lain juga menyumbangkan suaranya bahwa soal aksi militer yang akan dilakukan oleh AS terhadap Suriah, perdagangan hari ini akan sangat dipengaruhi oleh neraca perdagangan AS yang diprediksi megalami defisit berat yaitu sekitar 38,7 miliar dollar AS. Selain AS diperkirakan sedang mengalami defisit, AS juga menetapkan  kebijakan moneter.

Seperti apa yang terlihat di papan elektronik, IHSG dilaporkan melemah yaitu di level 4.047 sampai 4.122, tungkas Christandi Rheza Mihardja selaku seorang analis dari Sinarmas Sekuritas. Dari papan elektronik yang sama  juga menunjukan bahwa ada sederetan saham yang kini menjadi perhatian. Saham-saham tersebut antara lain WIKA, BBRI, INKP, dan HERO. Saham-saham ini nantinya akan mempengaruhi status IHSG Indonesia apakah akan berada di zona merah (melemah) atau di zona hijau (menguat).

Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan anjloknya IHSG, salah satunya  adalah melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar AS karena  sedikitnya jumlah dollar AS yang beredar di pasar. Ulah para investor dan eksportir juga mempengaruhi kondisi ini. Banyak investor yang menjual saham-saham asing mereka, sedang sebagian eksportir masih menyimpan atau menahan dollar-dollar AS mereka karena rasa cemas sulit mendapatkan dollar bila mereka menjualnya sekarang. Ulah kedua pihak ini tentu saja merugikan masyarakat kecil Indonesia.

5. Dengar Saran Analis Soal IHSG4

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *