Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Perseteruan Hary Tanoesoedibjo dengan Mbak Tutut

Dampak Perseteruan Hary Tanoesoedibjo dengan Mbak Tutut

0 Comments 🕔13.Oct 2013

Saat ini Hary Tanoesoedibjo tengah dilanda masalah terkait kepemilikan PT. Cipta Televisi Pendidikan Indonesia atau TPI. Masalah ini bermula saat Siti Hardiyanti Rukmana atau yang biasa disapa Mbak Tutut ini menuntut kepemilikan TPI. Salah satu hal yang menarik untuk ditanyakan adalah pengaruh perseteruan Hary Tanoesoedibjo dengan Mbak Tutut terhadap saham-saham dan bisnis grup MNC sendiri. Reza Priyambada selaku Kepala Riset Trust Securities menyatakan bahwa perseteruan tersebut bisa jadi sentimen negative baik bagi saham-saham ataupun bisnis perseroan.

Sebelum itu, Reza menjelaskan pentingnya keputusan Mahkamah Agung nantinya. Keputusan MA sendiri masih belum jelas dan simpang siur. Berita simpang siur ini membuat pemberitahuan yang negatif. Kalaupun nantinya akan benar tapi berita yang simpang siur akan memberikan dampak yang negatif.

Buktinya, setelah adanya pemberitaan perseteruan 2 orang besar tersebut, pasar langsung memberikan respon yang negatif. Respon tersebut ditunjukkan dengan anjloknya saham-saham grup perseroan. Respon saham milik grup MNC seperti BHIT dan BMTR turun, bahkan sempat di suspen. Menurut Reza, perseteruan ini harus dicermati terlebih dahulu dan tidak harus menjadi sentimen negatif.

Perseteruan ini sebenarnya tidak hanya berdampak pada saham-saham perseroan semata tetapi juga pada bisnis perusahaan. Pengaruh bisnis tersebut memang sudah menjadi sebuah konsekuensi. Reza menambahkan bahwa seharusnya. pihak grup MNC mengambil langkah agresif dengan menjelaskan langsung kepada publik soal perseteruan tersebut. Hal ini akan sangat membantu grup tersebut terhadap sentimen negatif.

3.Dampak Perseteruan Hary Tanoesoedibjo dengan Mbak Tutut2

Dengan aksi yang agresif setidaknya grup MNC akan mendapatkan kembali kepercayaan investor. Saran lain yang diutarakan oleh Reza adalah membentuk kreativitas baru seperti MNC TV. Mereka harus membangun investasi baru jika ingin membentuk televisi.

Di sisi lain, PT Global Mediacom Tbk atau BMTR mengaku tetap percaya diri bahwa TPI tidak akan diambil oleh Mbak Tutut. Kepercayaan diri mereka ini terkait dengan kasasi di MA yang menyatakan bahwa yang tergugat adalah PT Berkah Karya Bersama. Memang, Berkah Karya sempat memegang saham TPI sebanyak 75% tetapi saham tersebut sudah dibeli oleh MNC pada tahun 2006 lalu. David Fernando Audy selaku Direktur Global Mediacom menyatakan bahwa masalah ini tidak ada kaitannya dengan MNC sehingga tidak mungkin grup ini akan diambil.

Pihaknya juga menyatakan bahwa mereka telah menjadi investor yang sah dan dilindungi oleh hukum. Mbak Tutut sendiri telah memenangkan gugatan di Pengadilan Niaga Jakarta. Sayangnya, ia mengalami kekalahan di tingkat Pengadilan Tinggi. Sebaliknya, di tingkat Kasasi MA ternyata permohonannya dikabulkan.

Hal ini seperti yang sudah dinyatakan MA pada website resminya dengan perkara nomor 862 K/PDT/2013 dan diputus 2 Oktober 2013 yang lalu. Pihak MNC menambahkan bahwa sebelum dibeli oleh Hary Tanoesoedibjo, TPI memilki banyak hutang dan merugi.

hary tanoe

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *