Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Krisis Politik di Thailand Terhadap Negara-Negara Kawasan Asean

Dampak Krisis Politik di Thailand Terhadap Negara-Negara Kawasan Asean

0 Comments 🕔30.May 2014

Thailand sedang dilanda kemelut dikarenakan tidak stabilnya politik. Kemelut ini sangat mempengaruhi perekonomian di negara berjuluk Gajah Putih tersebut. Yang membuat banyak pengamat khawatir adalah dampaknya terhadap negara-negara Asean.

Kabar baiknya adalah beberapa ekonom menilai bahwa dampak tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi negara-negara Asean. Lebih lanjut lagi, mereka menila bahwa negara-negara di kawasan Asean justru akan mendapatkan keuntungan dari kemelut tersebut.

Dengan berkuasanya Prayuth Chan melalui kudeta militer perekonomian di Thailand memang tidak terlalu bergejolak. Secara detail, pergerakan terjadi pada produk domestic bruto atau PDB pada kuartal I 2014 ini dengan nilai pergerakan mencapai 2.1%. Dengan nilai tersebut, ekonomi melakukan pemangkasan terhadap proyeksi pertumbuhan di Thailand.

Pada tahun 2013 yang lalu tepatnya pada akhir Oktober, Indeks saham Thailand menurun hingga mencapai 19%. Sebaliknya, di tahun 2014 ini indeks saham Thailand mengalami penguatan mencapai 15%. Krystal Tan, salah seorang ekonom di Capital Economics menyatakan bahwa Thailand memang merasakan dampak krisis politik. Untungnya, kasus gejolak krisis politik di Thailand ini merupakan kasus yang terisolasi.

Artinya negara-negara di sekitar Thailand tidak terlalu terpangaruh terhadap gejolak krisis politik di Thailand tersebut. Salah satu alasannya adalah karena stabilitas keuangan yang kuat. Hasilnya, negara-negara Asean tidak terlalu goyah dengan krisis tersebut. Selain itu, Thailand juga telah menerima aliran dana dari pihak asing sejak bulan November lalu.

Menurut Tan, besar kemungkinan jika aliran dana tersebut juga masuk ke negara-negara di kawasan Asean. Di tahun 2013 rata-rata bursa saham di Asia justru membaik khususnya di bulan November. Sedangkan untuk bursa saham Thailand pergerakannya masih tidak stabil. Namun, bukan berarti bahwa krisis politik di Thailand tidak berdampak sama sekali.

Menurut, Chua Hak Bin selaku ekonom Bank of America Merrill Lynch, dampak negatifnya sangat terasa khususnya untuk sektor pariwisata. Tan justru menyatakan sebaliknya karena akibat dari krisis tersebut negara kawasan Asean mendapatkan pemasukan dari pariwisata di Thailand. Sebut saja Vietnam dan Thailand yang justru mendapatkan keuntungan dari krisis di Thailand tersebut.

Lebih lanjut lagi, investor justru kembali berani berinvestasi di Indonesia dan Filipina karena dinilai terjadi perbaikan dalam hal fundamental ekonominya. Investor jelas berpikir ulang untuk berinvestasi di Thailand khususnya untuk investasi jangka panjang.

Bahkan perusahaan sekelas Honda memutuskan untuk memangkas produksi mobilnya di Thailand. Hal yang sama juga terjadi untuk produk-produk elektronik. Beberapa perusahaan lebih memilih untuk memindahkan produksinya ke negara seperti Malaysia karena dinilai lebih stabil.

Ekonom Mizuho Bank, Vishnu Varatan menuturkan bahwa ada kemungkinan investor akan memindahkan investasinya ke negara dengan sektor manufaktur yang stabil seperti Myanmar, Laos dan Kamboja untuk jangka panjang. Vietnam dan Filipina dipilih sebagai tujuan investasi jangka pendek karena infrakstruktur yang sudah memadai.

krisis politik, politik thailand, nilai tukar rupiah, ekonomi, thailand

BACA JUGA:

Pengaruh Inflasi Pada Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika Serikat

Tercekoki Sentimen Positif, Bursa Saham Asia Melejit

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *