Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Kondisi Amerika Serikat Terhadap Harga Emas Batangan

Dampak Kondisi Amerika Serikat Terhadap Harga Emas Batangan

0 Comments 🕔11.Oct 2013

Bagi Anda yang memiliki emas maka cek harga emas loga mulia saat ini. Ternyata, hari ini harga emas logam mulia milik PT Aneka Tambang Tbk atau Antam mengalami penurunan dari hari sebelumnya. Penurunan harga emas logam mulia tersebut mencapai Rp. 4.000 per gram. Pada hari ini, Kamis, 10 Oktober 2013, harga emas batangan logam mulia pecahan 1 gram turun menjadi Rp. 531.000 per gram.

Hari sebelumnya harga emas batangan logam mulia pecahan 1 gram berada pada harga Rp. 535.000. Dilangsir dari situs Logam Mulia, harga jual emas batangan dari konsumen ke Logam Mulia atau buyback juga mengalami penurunan Rp. 5.000 dimana harga semula yaitu Rp. 475.000 per gram menjadi Rp. 470.000 per gram. Selain itu, harga emas batangan pecahan 5 gram menjadi Rp. 2.510.000. Untuk pecahan 10 gram dan 25 gram harganya masing-masing menjadi Rp. 4.970.000 dan Rp. 12.350.000.

Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi pembelian emas batangan bisa datang langsung ke PT. Antam Tbk, Jakarta setiap hari selama jam kerja. Antam hanya membatasi 150 antrian saja setiap harinya. Menurut prediksi Antam, penurunan harga emas logam mulia ini terkait dengan situasi dan kondisi ekonomi global. Selain itu, harga emas yang menurun ini juga disebabkan oleh tutupnya pemerintah Amerika Serikat yang akhirnya mempengaruhi harga emas dunia.

Bahkan menurut prediksi Antam lagi, harga emas batangan diperkirakan akan turun hingga akhir tahun pada kisaran US$1.200 per troy ounce. Walaupun begitu, harga emas juga sempat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Saat itu, posisi harga emas mencapai US$ 1.300 per troy ounce kemudian meningkat drastis menjadi US$ 1.900 per troy ounce. Hal ini disampaikan oleh Jaya Tambunan, Direktur Keuangan PT. Aneka Tambang.

Dengan kondisi Amerika Serikat yang masih terpuruk, harga emas akan sangat sulit untuk kembali pada posisi US$ 1.900 per troy ounce. Walaupun harga emas menurut tapi menurut Jaya Tambunan, minat investor masih tinggi karena emas merupakan salah satu substitute investasi selain valas dan saham. Namun, hingga akhir tahun nanti, Jaya memperkirakan bahwa harga emas hanya akan berada di posisi US$ 1.100 – 1.200 per troy ounce. Posisi harga ini sendiri lebih rendah dari posisi saat ini yang berada pada kisaran US$ 1.300 per tory ounce.

Lebih jauh lagi, Jaya tidak bisa memprediksi harga emas logam emas mulia tersebut jika diubah menjadi rupiah. Menurutnya, harga emas per 1 gram akan sulit diprediksi dan hal tersebut tergantung dari ekspektasi arah kurs. Selain itu, PT. Aneka Tambang Tbk tidak akan membatasi pembelian emas di Butik Logam Mulia namun dibatasi untuk pembelian di pabrik perseroan Pulogadung. Tidak ada batasan ini dilakukan dengan catatan apabila stoke mas batangan masih tersedia.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *