Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Fatal Bila Buruh Menuntut Upah Tinggi

Dampak Fatal Bila Buruh Menuntut Upah Tinggi

0 Comments 🕔02.May 2014

Ibukota Jakarta dipenuhi oleh manusia pada tanggal 2 Mei 2014. Hari ini merupakan Hari Buruh Internasional dan tidak mengherankan jika banyak aksi demonstrasi yang digerakkan oleh berbagai organisasi buruh.

Ribuan buruh tersebut memiliki berbagai tuntutan. Salah satu tuntutan buruh adalah kenaikan upah minimum. Tidak tanggung-tanggung, buruh meminta kenaikan upah 30% di tahun 2015 mendatang. Bagaimana reaksi Anda jika Anda adalah seorang pebisnis atau pengusaha?

Sebenarnya ada beberapa dampak yang harus Anda hadapi bila buruh menuntut upah tinggi. Mungkin, jawaban Anda terwakili oleh apa yang diungkapkan oleh Suryo Bambang Sulisto. Menurutnya, tuntutan dari pihak buruh tersebut sulit untuk dipenuhi oleh pengusaha.

Alasan utamanya adalah karena pihak pengusaha justru harus menambah beban biaya operasional. Jika biaya operasional terlalu tinggi dampaknya akan merembet pada daya saing. Dampak yang kentara tidak hanya itu saja, bila buruh menuntut upah tinggi, tentu saja membuat laba perusahaan menurun. Penurunan laba juga akan berakibat buruk pada perusahaan.

Hal yang paling fatal adalah perusahaan bisa memutuskan untuk gulung tikar. Bayangkan jika banyak perusahaan yang menghentikan aktivitas produksinya. Sudah pasti, akan banyak PHK masal dan berdampak pada banyaknya pengangguran.

Kalaupun jalan gulung tikar dan PHK tidak diambil maka perusahaan akan cenderung mengambil langkah relokasi ataupun langkah lain yang bisa menghindarkan dari PHK besar-besaran. Dampak negatif sebenarnya tidak hanya berhenti di situ saja.

upah tinggi, hari buruh, dampak kenaikan upah, ekonomi, buruh

Menurutnya, dampak juga akan merembet pada gangguan investasi dalam negeri. Faktanya, Indonesia dinilai sangat potensial oleh investor sebagai tempat untuk mengalokasikan dananya. Jika sampai upah dinaikkan dan terjadi hal-hal yang dijelaskan di atas, sudah pasti banyak investor yang akan menarik dananya dari Indonesia dan memilih untuk mengalokasikannya ke negara lain yang lebih potensial.

Tentu saja semua memiliki dampak. Hal-hal semacam ini perlu dibicarakan kembali oleh pengusaha dan harus ada penyesuaian kembali. Pengusaha juga harus menghitung kembali kelayakan daya saing. Semuanya akan memakan waktu yang tidak sedikit bahkan biaya yang tidak sedikit pula.

Anda mungkin juga setuju dengan dampak negatif bila buruh menuntut upah tinggi tersebut. Namun, Suryo masih mengharapkan jika tuntutan buruh masih dalam taraf wajar sehingga tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk lagi bagi dunia usaha di Indonesia.

Hari Buruh memang sangat identik dengan demonstrasi. Seolah-olah Hari buruh merupakan kesempatan bagi kaum buruh untuk mengutarakan aspirasi mereka. Berbagai cara untuk menarik perhatian dilakukan seperti atraksi treatikal, pembacaan puisi hingga demonstrasi secara damai.

Semoga masalah upah minimum tersebut bisa diselesaikan dengan baik dan memberikan keuntungan bagi semua pihak. Paling penting adalah perusahaan juga tidak melakukan PHK besar-besaran tapi nasib buruh juga terus diperhatikan untuk penghidupan yang lebih layak.

upah tinggi, hari buruh, dampak kenaikan upah, ekonomi, buruh

BACA JUGA:

Pameran Di Jeddah Jadi Jalan Meningkatkan Ekspor Nonmigas

Harga Sayuran dan Bahan Pokok Setelah Pemilu Legislatif 2014

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *