Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Beli Investor Bagi IHSG

Dampak Beli Investor Bagi IHSG

0 Comments 🕔04.Sep 2013

Kondisi saham tanah air memang masih sangat fluktuatif. Semuanya tidak berjalan sebagaimana mestinya karena rupiah yang semakin melemah. Kondisi perputaran rupiah yang lambat membuat dolar semkain berkuasa dan pasar saham kita kian terpuruk. Walaupun kondisi rupiah memang melemah, ternyata ada kabar gembira dari IHSG saat ini.

IHSG berhasil menambah 62 poin atau naik 62 poin karena banyak investor domestik yang melakukan pembelian. Mereka setidaknya memang berhasil memperkuat kondisi IHSG walaupun mungkin jumlah poinnya tidak terlalu besar. Hal ini cukup baik karena memang ada tekanan rupiah yang terkadang membuat investor harus berfikir ulang untuk menghindari kerugian.

Kondisi Rupiah Terakhir

Lalu bagaimana dengan kondisi rupiah kemarin? Memang belum ada perubahan yang baik dalam mata uang kita ini. Rupiah semakin terpuruk pada penutupan kemarin. Kini Rupiah berada di kisaran Rp 11.050 per dolar AS. Bahkan yang lebih buruk lagi, dolar AS sempat naik tajam ke kisaran Rp 11.459 per dolar AS.

Bagaimana dengan kondisi rupiah hari ini? Pada perdagangan pagi ini, IHSG dibuka dengan adanya penambahan poin sekitar 0.38 persen dan membuat pasar regional sedikit menguat. Saham-saham yang mendapatkan perhatian khusus dan koreksi pada hari kemarin kini juga sedang menjadi incaran para investor yang ingin membeli saham.

Investor ini agaknya memang sangat pintar. Mereka pintar menggunakan waktu. Saat ini memang banyak saham yang sedang sangat terpuruk dan otomatis harga saham-saham itu juga sangat rendah. Inilah yang membuat banyak investor akhirnya lebih senang berburu saham-saham yang harganya murah tersebut.

4.d Dampak Beli Investor Bagi IHSG

Pergerakan Investor Asing

Jika investor dalam negeri masih senang berburu saham-saham murah, lalu bagaimana dengan investor asing? Ternyata investor asing masih juga melepas saham mereka namun sayangnya nilai investasi dari saham-saham tersebut tidaklah besar. Saham yang mendominasi perdagangan saham kali ini masih datang dari sektor perkebunan dan juga tambang yang memang merasakan kebahagiaan karena melemahnya rupiah.

Jumlah investor domestik yang melakukan pembelian memang banyak dan nilai totalnya sekitar Rp 139,57 miliar. Kondisi saham sendiri memang cenderung didominasi oleh saham-saham yang naik. Ada sekitar 195 saham yang mengalami kenaikan. 81 saham cenderung mengalami penurunan dan sebanyak 64 saham mengalami kondisi yang stabil atau tetap.

Kabar gembira juga datang di bursa saham Jepang yang mengalami lonjakan setelah pada akhir perdagangan mata uang yen Jepang mengalami kondisi yang terpuruk terhadap dolar AS. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan, tentu Anda harus tahu terlebih dahulu.  Saham-saham manakah yang masuk dalam saham yang sangat potensial dan baik?

Saham-saham tersebut adalah Unilever yang akhirnya naik tajam ke angka Rp 31.500, saham Bukit Asam yang naik juga ke angka Rp 13.600, Indo Tambangraya yang naik ke angka Rp 32.050, saham HM Sampoerna yang naik ke angka Rp 66.100. Selain ada saham-saham yang berada di posisi atas, tentu ada juga yang berada di posisi bawah.

4.c Dampak Beli Investor Bagi IHSG

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *