Teropong Bisnis | Homepage
Cara Unik Amerika Serikat Menyambut Tahun Baru China 2014

Cara Unik Amerika Serikat Menyambut Tahun Baru China 2014

0 Comments 🕔06.Dec 2013

Satu hal unik dilakukan oleh Departemen Keuangan AS untuk menyambut Tahun Baru China atau Imlek 2014. Departemen Keuangan AS rencananya akan merilis mata uang khusus US$1. Mata uang khusus tersebut hanya akan diedarkan di China untuk keperluan koleksi. Nama mata uang tersebut juga unik yang diambil dari kepercayaan orang-orang China saat Imlek.

Namanya adalah Lucky Money atau uang keberuntungan. Sesuai dengan tujuan dari dirilisnya mata uang ini, maka rencananya uang keberuntungan akan beredar di China pada saat tahun baru kuda nanti. Semua yang berbau dan berhubungan dengan kepercayaan China ditempelkan pada mata uang khusus tersebut.

Salah satu contoh lain adalah penggunaan angka seri yang unik dan merupakan angka keberuntungan bagi kepercayaan masyarakat China. Uang ini nantinya akan dilengkapi dengan angka seri 8888. Keunikan mata uang khusus ini tidak sampai di situ saja. Selain menggunakan 8888 sebagai angka seri, rencananya uang US$1 yang dinamakan uang keberuntungan tersebut hanya akan diterbitkan sebanyak 88.888.

Angka 8 sangat dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi masyarakat China Kabar baiknya, warga China yang ingin mengkoleksi mata uang ini, sudah bisa mendapatkannya sejak tanggal 4 Desember 2013 yang lalu. Selain angka, Departemen Keuangan AS juga sangat memperhatikan kemasan.

Nantinya, uang ini akan diedarkan dengan kemasan menarik dengan dominasi warna merah. Warna merah memang sangat identik dengan perayaan Tahun Baru China. Rios selaku perwakilan dari Departemen keuangan AS menyatakan bahwa penerbitan mata uang ini memang sengaja didekatkan dengan moneter dan budaya.

Intinya, Pemerintah dan warga Amerika Serikat yang tertarik dengan budaya China dapat merasakan atau menikmati perayaan Tahun Baru China tersebut dengan hadirnya uang keberuntungan. Sebenarnya, Pemerintah Amerika Serikat sendiri sudah mulai mengikuti perayaan Tahun Baru China atau yang sering disebut Imlek ini sejak tahun 2000 yang lalu.

Tahun lalu, Amerika juga mengeluarkan uang unik untuk perayaan imlek. Uang tersebut bernuansa Naga dan hanya diterbitkan sebanyak 108.888. Naga memang menjadi shio yang dipercaya oleh masyarakat China di tahun 2013 ini. Tahun ini, masyarakat China percaya bahwa shio yang akan menonjol adalah mereka yang bershio kuda.

Tak heran jika masyarakat China menjuluki tahun baru 2014 nanti sebagai tahun kuda. Sebagai informasi, tahun baru China atau Imlek 2014 akan jatuh pada tanggal 31 Januari 2014 mendatang. Tentu saja, masyarakat China akan menyambut baik beredarnya mata uang Amerika yang didesain khusus untuk ikut merayakan tahun baru China ini.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda adalah salah seorang kolektor uang, pasti Anda ingin mengkoleksi uang US$1 edisi khusus ini, bukan? Pasti akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika Anda mendapatkannya sebagai salah satu koleksi Anda.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *