Teropong Bisnis | Homepage
Bitcoin Bukan Urusan MAS

Bitcoin Bukan Urusan MAS

0 Comments 🕔28.Dec 2013

Bitcoin menjadi salah satu fenomena yang muncul beberapa tahun terakhir ini. Mata uang ini menjadi solusi untuk pembayaran yang murah, mudah dan aman. Selain itu, karena tidak diatur bank, Bitcoin menjadi lebih bebas digunakan untuk bertransaksi. Hal ini membuat Bitcoin tidak bisa dikontrol oleh bank-bank di tiap negara, yang membuatnya rawan dengan berbagai masalah.

Banyak negara yang belum menggunakan atau bahkan melarang penggunaan mata uang digital ini. Tetapi, pihak bank sentral Singapura tampaknya tidak terlalu mengkhawatirkan tentang hal ini. Otoritas Moneter Singapura, Monetary Authority of Singapore atau MAS melalui email kepada Coin Republic mengatakan tidak akan ikut campur dengan transaksi yang menggunakan Bitcoin.

Menurut MAS, keputusan menggunakan atau tidak menggunakan Bitcoin untuk transaksi merupakan keputusan komersial para pelaku usaha. Jadi, MAS kembali menegaskan tidak ingin ikut campur dalam hal ini.

Akan tetapi, MAS juga memberikan beberapa peringatan kepada pengguna Bitcoin. Salah satunya adalah resiko yang mengancam para pengguna Bitcoin untuk transaksi atau investasi. Bila penggunaan Bitcoin dihentikan, maka tidak ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengganti uang yang para pengguna ini keluarkan saat membeli Bitcoin. Hal ini juga tentunya tidak baik untuk Anda yang menggunakan Bitcoin sebagai instrumen investasi.

bitcoin

Tetapi, dari beberapa hal diatas, dapat dikatakan bahwa MAS atau pihak Singapura mengijinkan penggunaan Bitcoin. Dengan catatan tambahan, resiko akan ditanggung oleh pengguna mata uang digital ini sendiri.

Bank Indonesia (BI) sendiri masih mengkaji tentang penggunaan Bitcoin di Indonesia. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A Johansyah mengatakan ada beberapa hal yang pihaknya sedang uji dan pertimbangkan untuk menggunakan Bitcoin di Indonesia. Salah satunya adalah pengaruh penggunaan Bitcoin terhadap peredaran Rupiah.

Menurut Difi, konsep penggunaan uang adalah adanya jaminan dan dasar hukum. Artinya, setiap pengguna uang tersebut akan merasa aman karena ada back up saat menggunakan mata uang tertentu. Back up ini bisa berasal dari aturan, undang-undang dan lainnya. Dan akan menambah nilai uang bila digunakan pada area yang ditentukan.

Sedangkan Bitcoin sifatnya adalah universal. Jadi, tidak ada yang mengatur dan juga tidak ada hukum yang menjadi dasar dari mata uang ini. Tidak ada penanggung jawab dan pengawas yang memastikan penggunaan mata uang ini aman.

Memang, dengan Bitcoin, Anda dapat bertransaksi tanpa melalui bank. Anda juga tidak perlu menyertakan identitas diri Anda. Anda hanya memerlukan identitas dompet digital yang Anda miliki, sehingga transaksi akan lebih personal atau pribadi. Bila Anda bandingkan dengan kartu kredit, Bitcoin jelas lebih aman dari kejahatan pencurian identitas.

Yang perlu diingat, membeli dan menggunakan Bitcoin seperti investasi. Anda perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan mata uang ini.

bitcoin

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *