Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Masakan Indonesia Sangat Diharapkan

Bisnis Masakan Indonesia Sangat Diharapkan

0 Comments 🕔23.Aug 2013

Ribuan Masakan Indonesia Mempersulit Pemilihan Ikon

Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah kuliner di Indonesia tidak terhitung banyaknya. Kurang lebih ada sekitar 5.3000 makanan asli dari Indonesia yang sudah tercatat. Akan tetapi, hingga saat ini masih belum ada makanan kuliner asli Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional seperti sushi ataupun tom yam yang berasal dari Jepang.

Ada kemungkinan besar bahwa keberadaan dan keberagaman jumlah kuliner yang mencapai ribuan jenis tersebut yang menjadi penyebab mengapa hingga saat ini belum ada wakil dari Indonesia untuk makanan internasional. Sepertinya pemerintah menemukan sedikit kesulitan untuk menemukan kuliner yang tepat, yang secara khusus dapat mewakili keunikan Indonesia.

Untungnya, menjelang akhir 2012, ditetapkan 30 ikon kuliner Indonesia yang dirasa paling layak unutk mewakili masakan nasional dengan level internasional. Adapun tumpeng nusantara digadang sebagai pengikat 30 ikon besar kuliner tersebut.

Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, dan Insentif Kemenparekraf saat ini yaitu Akhyaruddin menjelaskan bahwa pemerintah dan para ahli di bidang kuliner telah mencoba membangun imej kuliner secara global selama lebih dari 30 tahun. Belum adanya ikon-ikon tersebut menjadi pemersulit upaya pengenalan masakan dan makanan khas Indonesia di kancah internasional.

Menurutnya, untuk dapat berkiprah di mancanegara, Indonesia terlebih dahulu harus fokus untuk menetapkan makanan mana saja yang cocok dan dapat dijadikan sebagai ikon utama. Dan dengan terpilihnya ke 30 ikon tersebut, diharapkan Indonesia mampu membangun ciri khasnya sendiri, sehingga pada nantinya Indonesia mampu bersaing dengan Negara lain.

Bisnis Masakan Indonesia Sangat Diharapkan 2

Kesadaran Masyarakat Akan Potensi Masakan Lokal Perlu Ditingkatkan

Menurut William Wongso yang seorang pakar kuliner Indonesia, salah satu faktor terbesar yang membuat Indonesia kurang bisa tampil di pasar mancanegara adalah karena kurangnya kesadaran dari masyarakat akan berbagai macam potensi yang dimiliki olehnya. Yang lebih menyedihkan adalah, fakta bahwa praktisi-praktisi di bidang kuliner Indonesia sendiri lebih bangga dan tertarik untuk belajar memasak masakan western, atau mungkin belajar mempercantik masakan internasional daripada belajar memperkenalkan masakan negeri sendiri.

Menurut William Wongso, sudah ada banyak desainer dan penata rambut dari Indonesia yang berhasil mengalahkan pasar internasional. Sayangnya, belum ada satupun chef yang secara professional bisa mewakili masakan-masakan dengan nama Indonesia.

Hal in bahkan diperparah dari kondisi Indonesia yang hingga saat ini belum memiliki Kampung Indonesia di luar negeri. Hal ini kontras dengan kondisi bangsa Vietnam atau India yang sudah berhasil membuat wilayah mereka sendiri, yang dengan seksama juga mampu memperkuat kuliner khas dari negaranya sendiri di kawasan-kawasan tersebut.

Selain berharap para chef master dari Indonesia mulai mempelajari dan tertarik dengan masakan bangsa sendiri, diharapkan rakyat juga ikut membantu membuat bisnis baru masakan khas Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah bisnis makanan Indonesia tersebut, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan masakan dari Indonesia bisa benar-benar menguasai pasar dunia.

bisnis-masakann-indonesia-sangat-diharapkan-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *