Teropong Bisnis | Homepage
Bank Indonesia Menyiapkan Dana 12 Milyar Rupiah untuk Mengantisipasi Masalah Perekonomian Global

Bank Indonesia Menyiapkan Dana 12 Milyar Rupiah untuk Mengantisipasi Masalah Perekonomian Global

0 Comments 🕔30.Aug 2013

Bank Indonesia Menyiapkan Dana 12 Milyar Rupiah untuk Mengantisipasi Masalah Perekonomian Global

Untuk mengatasi berbagai masalah ekonomi, terutama masalah perbankan yang ada di Indonesia, maka Bank Indonesia berupaya untuk mengeluarkan kebijakan baru, salah satunya adalah mereka akan menyiapkan dana dengan jumlah sebesar 12 miliyar dollar AS. Dana tersebut setara dengan 132 trilliun yang mana rencananya akan digunakan untuk meredam gejolak permasalahan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang dialami oleh Indonesia saat ini. Mereka mendapatkan uang tersebut dari Fasilitas Barter Bilateral (BSA) dengan Bank Japan. Hal ini dikatakan pula oleh Direktur Eksekutif dari Bank Indonesia, Difi A. Johansyah. Beliau mengatakan bahwa bank sentral saat ini sedang berupaya semaksimal mungkin dalam memperpanjang surat perjanjian yang mereka miliki dengan BSA dan juga Bank of Japan.

Bank Indonesia Menaikkan Suku Bunga Acuan 7 Persen

Bank Indonesia memiliki prediksi bahwa cadangan devisa yang ada saat ini diperkirakan masih bisa cukup untuk digunakan dalam menghadapi gejolak tekanan terhadap nilai tukar rupiah yang sedang menjadi permasalahan utama di Indonesia saat ini. Meskipun demikian, ketidakpastian ekonomi global tentunya akan terus membayangi perekonomian di Indonesia dan pemerintah harus melakukan langkah yang cepat supaya hal ini tidak makin berlarut dan menimbulkan masalah baru yang lebih rumit. Pasalnya, banyak sekali masalah ekonomi yang perlu kita antisipasi kedepannya, contohnya adalah masalah inflasi yang saat ini sudah melihat terlihat di berbagai sektor ekonomi. Kemudian, ada lagi masalah kenaikan harga barang kebutuhan sehari-hari yang dilakukan oleh beberapa sektor perdagangan.

Difi juga mengatakan bahwa gejolak ekonomi eksternal atau dari luar, ternyata mampu untuk memberikan respon bagi Bank Indonesia supaya menyiapkan dana yang cukup besar untuk mengantisipasinya. Dana Sebesar 12 Milyar Rupiah pun sudah disiapkan oleh Bank Indonesia saat ini. Dalam hal ini, Bank Indonesia nantinya juga akan mengandalkan cadangan devisa berlapis yang mereka miliki saat ini. Bank Indonesia tengah menaikan suku bunga acuan yang dimilikinya sekali lagi saat ini. Kenaikan yang dilakukan Bank Indonesia terhadap suku bunga tersebut adalah 7 persen. Sebenarnya banyak pihak yang tidak setuju dengan hal tersebut, terutama masyarakat yang menggunakan kredit, namun Bank Indonesia harus melakukan langkah ini demi perbaikan ekonomi yang ada di Indonesia.

Bank Indonesia Menyiapkan Dana 12 Milyar Rupiah untuk Mengantisipasi Masalah Perekonomian Global

Kebijakan untuk Mengantisipasi Inflasi

Naiknya suku bunga acuan yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga menunjukan bahwa ini adalah langkah untuk mengantisipasi adanya inflasi yang sedang berkembang saat ini. Disamping itu juga menjadikan nilai rupiah makin stabil lagi di bulan September nanti dan juga bulan-bulan kedepannya. Defisit yang awalnya macet juga akan bisa berjalan dengan lancar. Bank Indonesia juga menyatakan bahwa kenaikan suku bunga tersebut akan memberikan perubahan yang signifikan bagi perekonomian yang ada di Indonesia dengan semakin berubahnya dinamika perekonomian global saat ini.

Bank Indonesia Menyiapkan Dana 12 Milyar Rupiah untuk Mengantisipasi Masalah Perekonomian Global

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *